Sukses

Timnas Italia Tak Lolos, Piala Dunia Kehilangan 3 Bintang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Jagat sepak bola dikejutkan dengan kegagalan Timnas Italia melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Langkah tim besutan Giampiero Ventura itu dihentikan dengan ketangguhan Swedia pada laga playoff.

Sejatinya, Timnas Italia memang terbilang sial dalam pengundian fase grup kualifikasi. Itu karena mereka harus tergabung dengan Spanyol di Grup G. Lalu, mereka juga harus menghadapi tim-tim kuda hitam seperti Albania, Makedonia, Israel, dan Liechtenstein.

Alhasil, tiga laga pun menjadi batu sandungan Gli Azzurri. Selain kalah di kandang Spanyol dan bermain imbang saat menjadi tuan rumah, Italia juga hanya bisa bermain 1-1 saat meladeni Makedonia. Mereka pun hanya bisa finis di urutan kedua dengan selisih lima poin dari Spanyol.

Hasil itu membuat Timnas Italia wajib melewati laga play-off. Sialnya, mereka harus bertemu dengan Swedia. Pada leg pertama di markas Swedia, Italia takluk 0-1 akibat gol Jakob Johansson di menit ke-61.

Sialnya, mereka gagal memaksimalkan leg kedua yang dihelat di San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. Meski unggul dalam penguasaan bola dan melepaskan enam tendangan ke gawang, Italia harus mengakhiri laga dengan skor kacamata. Alhasil, publik pun tak akan melihat deretan pemain bintang Italia ini di Piala Dunia 2018.

 

1 dari 4 halaman

1. Gianluigi Buffon

Ini adalah sosok yang sebenarnya paling dinanti di Piala Dunia 2018. Itu karena Buffon sudah menjadi ikon sepak bola Italia setelah Alessandro Del Piero dan Fabio Cannavaro pensiun. Debutnya dimulai pada 29 Oktober 1997.

Tercatat, sudah lima edisi Piala Dunia yang dilewati Buffon bersama Italia. Namun, baru pada Piala Dunia 2002, ia dipercaya menjadi pilihan utama. Salah satu momen terbaiknya adalah saat ia membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006 lewat adu penalti.

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon menangis setelah timnya tersingkir dari Piala Dunia 2018 usai bertanding melawan Swedia pada leg kedua babak playoff di San Siro, Milan (13/11). Usai pertandingan Buffon pensiun dari timnas Italia. (AP Photo/Luca Bruno)

Sejak itu, ia sudah melakoni 175 caps dan tercatat sebagai pengoleksi penampilan terbanyak bersama Italia. Karenanya, wajar jika kiper berusia 39 tahun itu menjadi pemain yang paling terpukul dengan kegagalan Italia kali ini.

"Itu mengecewakan. Bukan untuk saya, tapi untuk keberlanjutan sepak bola, karena kami meraih sesuatu yang benar-benar penting bagi negara kami," ujar Buffon, seperti dilansir Football Italia.

"Cuma itu penyesalan saya, bukan karena saya akan pensiun. Karena waktu terus berjalan dan itu sudah pasti. Hanya saja, itu memalukan pertandingan resmi saya berakhir dengan kegagalan lolos Piala Dunia," kata kiper Juventus itu.

2 dari 4 halaman

2. Andrea Belotti

Nama Belotti menjulang setelah ia tampil impresif bersama Torino pada musim 2016/2017. Saat itu, ia mampu mengemas 26 gol dari 35 pertandingan Liga Italia.

Klub-klub top Eropa pun langsung mengutarakan ketertarikannya, termasuk AC Milan dan Manchester United. Namun, harga yang terlalu tinggi membuat beberapa peminatnya mundur secara perlahan.

Striker Italia, Andrea Belotti, tampak sedih usai gagal membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2018 setelah disingkirkan Swedia di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/11/2017). Italia bermain imbang 0-0 dengan Swedia. (AFP/Miguel Medina)

Bersama Timnas Italia, ia melakoni debutnya pada 1 September 2016 saat melawan Prancis pada laga uji coba. Tampil konsisten, ia pun dipercaya menjadi salah satu striker utama Italia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Dari sembilan penampilan, pemain 23 tahun itu mampu mengemas empat gol. Karenanya, sangat disayangkan Belotti kehilangan kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2018. Padahal, itu adalah kesempatan baginya untuk unjuk gigi kepada dunia.

3 dari 4 halaman

3. Ciro Immobile

Italia memiliki banyak striker kelas dunia. Selain Belotti, mereka juga masih memiliki Immobile. Ia sudah dikenal sebagai salah satu penyerang berkualitas Italia sejak mampu mengemas 22 gol bersama Torino di musim 2013/2014.

Sempat melempem di musim 2015/2016, ia kembali menemukan ketajamannya usai hijrah ke Lazio pada musim 2016/2017. Dari 56 penampilan bersama Lazio hingga sekarang, sudah 44 gol dan 14 assist yang disumbangkan pemain 27 tahun itu.

Striker Italia, Ciro Immobile, mengontrol bola saat pertandingan melawan Swedia pada laga leg kedua playoff Piala Dunia 2018, di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/11/2017). Italy bermain imbang 0-0 dengan Swedia. (AFP/Miguel Medina)

Immobile juga sudah mengecap debutnya bersama Timnas Italia sejak 2014. Sayang, ia kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat bersama Gli Azzurri. Buktinya, baru tujuh gol dari 30 laga yang didapat Immobile.

Meski begitu, Immobile tetap menjadi pemain Italia yang aksinya cukup ditunggu di Piala Dunia. Padahal, ini adalah kesempatan bagi Immobile untuk mencetak gol perdananya di ajang Piala Dunia.

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Menyambut Era Emas Baru Timnas Spanyol