Sukses

MotoGP 2018 Jadi Tantangan Besar Rookie Thomas Luthi

Liputan6.com, Valencia - Thomas Luthi sudah dipastikan menjadi salah satu pembalap pada MotoGP 2018. Ia akan memperkuat tim Marc VDS. Berstatus sebagai salah satu pembalap terbaik di kelas Moto2, ia pun siap menghadapi tangan musim depan.

Meski akan menyandang status rookie pada MotoGP 2018, Luthi bukan seorang pembalap muda. Usianya saat ini sudah 31 tahun. Maklum, ia banyak menghabiskan kariernya untuk berkompetisi di kelas Moto2.

Setelah tampil memukau bersama tim Suter, ia pun direkrut tim Kalex sejak musim 2015. Performanya pun semakin memukau. Buktinya, ia mampu menyegel status runner-up dalam dua musim terakhir.

Sayang, ia dipastikan gagal mengecap pengalaman dengan motor MotoGP pada 14-15 November 2017. Itu karena ia masih menjalani proses pemulihan akibat kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Ia baru bisa menjalani tes bersama Marc VDS di Sepang pada akhir Januari 2018.

"Saya menerima tantangan ini. Berkat kesuksesan dan banyak pekerjaan yang saya lakukan, saya datang sejauh ini untuk bisa naik kelas ini. Saya tidak datang untuk kemudian kembali menghilang," kata Luthi, dilansir Speedweek.

"Saya menerima tantangan ini karena saya ingin menjadi hebat dan berjuang agar mendapatkan catatan waktu yang kompetitif secepat mungkin," pembalap asal Swiss itu melanjutkan.

 

1 dari 3 halaman

Tetap Bersabar

Luthi sendiri sejatinya juga hadir pada MotoGP Valencia 2017 di Sirkuit Sepang, Minggu (12/11/2017). Namun, saat itu ia hanya menjadi penonton. Ia masih belum pulih dan masih menggunkan kruk untuk menopang kakinya.

Thomas Luthi akan mengarungi MotoGP 2018 bersama Marc VDS. (TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

"Sangat menyakitkan menjalani hari pertama sebagai pembalap MotoGP dengan kruk. Tapi tidak ada pilihan lain karena kesabaran sangat dibutuhkan saat ini. Saya mencoba belajar sebanyak mungkin. Saya sudah bersahabat dengan semua tombol di stang," tegas Luthi.

Luthi tentu akan meramaikan kelas MotoGP yang saat ini dihuni banyak pembalap dari Moto2. Salah satu yang tampil paling mengejutkan di musim ini adalah Johann Zarco. Pembalap Yamaha Tech 3 itu pun sukses merebut gelar Rookie of the Year MotoGP 2017.

 

2 dari 3 halaman

Thomas Luthi dan Karier

250cc

Balapan: 47

Menang: 0

Podium: 2

Pole: 0

Fastest lap: 0

Poin: 361

Moto2

Balapan: 119

Menang: 10

Podium: 35

Pole: 6

Fastest lap: 13

Poin: 1.260

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Dovizioso Sebut Marquez Pembalap Spesial
Artikel Selanjutnya
Tampil Sebagai Debutan, Zarco Ingin Tembus 5 Besar MotoGP