Sukses

5 Pemain U-23 yang Mencuri Perhatian di Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta- Liga Inggris sering dikritik karena jarangnya penggunaan pemain muda di klub-klub peserta. Namun belakangan, beberapa tim di antaranya sudah mulai percaya dengan para pemain muda, khususnya di bawah 23 tahun. 

Musim ini, beberapa klub sudah berani menggunakan pemain muda berbakat. Bahkan ada yang jadi tulang punggung klubnya.

Manchester City menjadi yang disorot. Hal itu karena mereka saat ini tengah memimpin klasemen sementara dan istimewanya dengan skuat belia.

Klub seteru sekota Manchester United itu bahkan memasang Gabriel Jesus sebagai ujung tombak bersama Sergio Aguero. Pada usia yang baru 20 tahun, Jesus sudah menunjukkan kepada dunia kebolehannya mencetak gol.

Nah, selain Jesus, ada beberapa pemain U-23 lainnya yang mencuri perhatian di Liga Inggris. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportkeeda:

1 dari 6 halaman

5. Jordan Pickford (Everton)

5. Jordan Pickford (Everton)

Jordan Pickford sebagai kiper pantas mendapat pujian ekstra karena penyelamatannya di Sunderland yang musim lalu. Everton memutuskan membawa Pickford dengan membayar 30 juta poundsterling untuk jasanya.

Setelah bergabung, Pickford telah menyelamatkan The Toffees dari kebobolan setidaknya setengah dari kesempatan lawan mencetak gol hingga musim ini. Meskipun hanya memiliki satu cleansheet, Pickford tetap menuai pujian dan penampilannya membuatnya mendapatkan debut di Timnas Inggris melawan Jerman.

Pada usia 23 tahun, dia sudah membuktikan kelayakan menjadi kiper nomor satu Inggris. Penampilannya bahkan sempat dipuji legenda Timnas Jerman, Michael Ballack.

2 dari 6 halaman

4. Harry Winks (Tottenham Hotspur)

4. Harry Winks (Tottenham Hotspur)

Harry Winks membuat debut Spurs setelah datang dari Partizan pada tahun 2014. Dia sempat kesulitan untuk bersaing, bahkan pada musim 2016/17, Winks dipaksa bermain di tengah.

Setelah membuat 21 penampilan, Winks menderita cedera aneh saat dipinjamkan ke Burnley dan itu membuatnya absen di musim lalu. Dia dianggap favorit Pochettino dan telah membuat 12 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Penampilannya yang istimewa membuat Winks dipanggil ke skuat senior Inggris pada bulan Oktober untuk pertandingan kualifikasi terakhir melawan Lithuania dan Malta. Dia bermain dalam kemenangan 1-0 atas Lithuania.

3 dari 6 halaman

3. Joe Gomez (Liverpool)

3. Joe Gomez (Liverpool)

Joe Gomez bergabung dengan Liverpool dari Charlton Athletic beberapa musim lalu dan dengan cepat mendapatkan sambutan hangat dalam penampilannya di bawah Brendan Rogers. Namun, ia mengalami cedera dan membuatnya sempat menepi.

Setelah Juergen Klopp masuk, Gomez tak banyak dapat kesempatan. Dia cuma diturunkan pada Piala FA atau Piala Liga saja untuk memulihkan staminanya.

Musim ini, dia kembali dengan lebih hebat. Gomez telah membuat sembilan penampilan liga dan menjadi sosok penting dalam pertandingan Liga Champions bersama Liverpool.

Aksinya itu membuatnya mendapatkan panggilan di Timnas Inggris saat melawan Jerman baru-baru ini. Dampak Gomez begitu tinggi dan telah bermain 14 pertandingan liga untuk Liverpool.

4 dari 6 halaman

2. Leroy Sane (Manchester City)

2. Leroy Sane (Manchester City)

Pemain asal Jerman ini sangat sensasional bersama Manchester City. Kerja samanya dengan Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, dan Gabriel Jesus membuat City ditakuti di Inggris.

Keterampilan Sane pada bola dan visinya tak menggambarkan laiknya pemain yang baru berusia 21 tahun. Dia sebelumnya bermain di Schalke 04 selama dua musim sebelum bergabung dengan City seharga £ 37 juta.

Biaya itu terbilang sangatlah murah melihat pasar transfer musim panas lalu. Sane memiliki potensi dan kemampuan sebagai pemain kelas dunia. Sane telah masuk daftar pendek untuk PFA Young Player of the Year musim lalu jelas berpeluang besar meraihnya musim ini.

Dia memiliki enam gol dan lima assist di Liga Inggris serta dua assist pada Liga Champions. Leroy Sane telah memiliki 10 gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di Premier League untuk Man City (6 gol, 4 assist).

5 dari 6 halaman

1. Gabriel Jesus (Manchester City)

1. Gabriel Jesus (Manchester City)

Berumur 20 tahun, Jesus mengancam pencetak gol terbanyak sepanjang masa di City, Sergio Aguero. Dia memiliki semua bakat dan konsistensi untuk menjadi striker besar City masa depan.

Setelah bergabung dengan klub pada bulan Januari, pemain asal Brasil itu telah persembahkan 14 gol dalam 20 pertandingan. Ini melampaui prediksi sejak awal.

Musim ini, waktu main Jesus didapatkan karena Aguero mengalami kecelakaan. Namun ketika Aguero kembali, Jesus sudah membuat Pep Guardiola jatuh hati.

Musim ini, Jesus sudah mengemas tujuh gol dalam hanya 10 laga Liga Inggris. Dia rata-rata melakukan 2,2 tembakan ke arah gawang per pertandingannya, catatan luar biasa untuk striker yang masih berusia 20 tahun.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Stoke City Pengoleksi Juara Liga Champions Terbanyak di Inggris
Artikel Selanjutnya
5 Pemain Spanyol Terbaik di Liga Inggris