Sukses

Tes MotoGP: Marc Marquez Fokus Adaptasi dengan Honda RC213V

Valencia - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, bertekad menjadikan tes MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, sebagai ajang untuk beradaptasi dengan motor tersebut. Marquez memang belum sepenuhnya memahami karakteristik motor Honda RC213V yang akan digunakan untuk MotoGP 2018.

Marc Marquez melahap 45 lap pada hari pertama tes MotoGP 2018. Pebalap asal Spanyol itu hanya mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit dan 30,501 detik.

Catatan tersebut membuat Marquez menghuni posisi ketiga karena kalah cepat 0,312 detik dari Maverick Vinales yang menjadi pebalap tercepat dalam tes tersebut. Meski demikian, Marquez tak menyesali hasil tes tersebut karena menilai banyak perubahan yang terdapat pada motornya.

"Yang terpenting adalah memahami arah yang harus ditempuh dengan motor baru, bukan menjadi pebalap tercepat. Tentu saja pada tes pagi saya tampil cepat dan konstan dengan motor ini, akan tetapi di sore hari kami beralih ke mesin baru yang jelas masih memiliki banyak hal baru untuk dikerjakan," kata Marquez seperti dikutip situs resmi Repsol Honda, Rabu (15/11/2017).

Marquez menilai, motor Honda 2018 memiliki sasis yang berbeda dengan motor 2017 yang membawanya menjadi juara dunia MotoGP. Selain itu, terdapat sejumlah perubahan yang harus segera dicarikan solusi terbaik agar mampu melesat dengan cepat.

"Besok, saya akan memiliki banyak kesempatan untuk mengumpulkan lebih banyak data karena hari ini saya hanya mampu menyelesaikan tiga seri dengan motor 2018," ujar pebalap berjuluk The Baby Alien itu.

"Motor ini memiliki sasis yang berbeda, mesin yang berbeda, dan juga detail lain yang berbeda. Jadi sekarang, penting rasanya untuk mencoba dan memahami titik keunggulan dan hal-hal yang perlu ditingkatkan, untuk kemudian membuat solusi terbaik," ungkap Marc Marquez.

Tes MotoGP 2018 hari kedua di Sirkuit Ricardo Tormo akan digelar pada Rabu (15/11/2017) mulai pukul 16:00-23:00 WIB. Ajang ini menjadi kesempatan buat Marc Marquez agar meraih kecepatan terbaik.

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Dovizioso Sebut Marquez Pembalap Spesial
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Mesin Jebol, Motor Marquez Dianalisis di Jepang