Sukses

5 Bintang Sepak Bola yang Absen di Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2018 bakal kehilangan beberapa tim unggulan, termasuk pula pemain berkelas dunia. Banyak negara yang sebenarnya digdaya sepak bolanya, tapi secara mengejutkan malah tak lolos ke Rusia.

Setelah Belanda, Italia secara mengejutkan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 usai kalah agreagat 0-1 dari Swedia di play-off kualifikasi zona Eropa.

Italia menjadi satu-satunya negara yang pernah menjuarai Piala Dunia dan absen di Rusia. Ini seolah mengulang Piala Dunia 1958. Kala itu, dua negara besar Eropa yang mempunya tradisi apik di sepak bola, yakni Italia dan Belanda, sama-sama gagal lolos.

Nah, dari dua negara tersebut saja ada sejumlah bintang yang tidak bisa main di Rusia. Ditambah beberapa nama lagi untuk melengkapi daftar ini.

Berikut adalah lima bintang sepak bola yang absen di Piala Dunia 2018 yang kami sajikan.

1 dari 6 halaman

1. Gianluigi Buffon

Dengan tak lolosnya Italia ke Piala Dunia 2018, Buffon gagal menjadi pemain pertama yang terdaftar dalam skuat timnas untuk enam edisi Piala Dunia. Sebelumnya, Buffon berada di skuat timnas Italia untuk Piala Dunia 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014.

Jelas, ini merupakan akhir tak mengenakkan buat kiper Juventus itu. Awalnya, dia berencana mengakhiri kariernya di timnas setelah Piala Dunia 2018.

Namun demikian, rencananya berantakan. Dia akhirnya memilih pensiun. Pertandingan Italia menjamu Swedia di San Siro, Selasa (14/11), menjadi pertandingan terakhir Buffon.

2 dari 6 halaman

2. Arjen Robben

Nasib Robben tak jauh berbeda dengan Buffon. Namun dia merasakannya lebih awal lantaran Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Belanda gagal lolos ke Piala Dunia karena tak mampu berbuat banyak dalam penyisihan. Kegagalan itu membuat pemain Bayern Munchen tersebut memutuskan gantung sepatu.

Robben sejak 2003 telah meraih 96 caps untuk Belanda. Dia total mengemas 37 gol dan 29 assist untuk negaranya.

3 dari 6 halaman

3. Alexis Sanchez

Pada Piala Dunia 2018, kita tak akan melihat aksi Alexis Sanchez bersama Chile. Hal itu lantaran Chile tak mampu berbuat banyak di kualifikasi Conmebol.

Hal itu cukup ironis lantaran Chile salah satu tim yang diperhitungkan di Amerika Selatan. Pada 2016, mereka bahkan sukses juara Copa Amerika.

Sanchez sendiri memang tak bisa bantu maksimal negaranya. Kekalahan ini tampaknya berpengaruh dengan penampilan sang pemain sebab di Arsenal, dia juga masih kurang tokcer.

4 dari 6 halaman

4. Gareth Bale

Bale menjadi nama selanjutnya yang akan absen di Piala Dunia 2018. Pemain Real Madrid itu tak mampu membawa negaranya, Wales, bicara banyak.

Padahal, pada Euro 2016 lalu, Wales mampu menembus semifinal. Mereka kalah 0-2 dari sang juara, Portugal.

Mantan pemain Tottenham Hotspur itu memang mengalami cedera yang berdampak pada negaranya. Sayang sekali, dia tak bisa meneruskan kejutan negaranya.

5 dari 6 halaman

5. Pierre-Emerick Aubameyang

Aubameyang gagal meneruskan aksi impresifnya bersama Borussia Dortmund untuk negaranya, Gabon. Bahkan, negaranya, Gabon tampil terseok-seok pada kualifikasi zona Afrika.

Padahal, Aubameyang musim lalu sukses menjadi top skorer Bundesliga. Striker 28 tahun itu sukses kemas 31 gol untuk Dortmund.

Sayangnya, itu tak menular ke Gabon yang belum sama sekali lolos ke gelaran akbar sepak bola dunia tersebut. Masih ada kesempatan baginya untuk bawa negaranya ke Piala Dunia pada 2022 nanti.

(Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang