Sukses

Gagal Lolos ke Piala Dunia, FIGC Panggil Carlo Ancelotti?

Liputan6.com, Milan - Timnas Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah kalah agregat 0-1 dari Swedia di play-off kualifikasi zona Eropa. Terakhir kali Italia gagal lolos ke Piala Dunia pada 1958.

Kegagalan Gli Azzurri ini, sontak mengundang kritikan kepada pelatih timnas Italia Giampiero Ventura. Bukan itu saja, beberapa pemain yang sepertinya kecewa memutuskan pensiun dari Timnas Italia.

Gigi Buffon, Andrea Barzagli, dan Daniele De Rossi untuk tim nasional (kabarnya Chiellini juga akan mengikuti jejak mereka). De Rossi punya alasan sendiri kenapa dia memilih menyudahi karier internasionalnya

“Sekarang generasi berikutnya telah siap untuk terbang dan kita harus memulai lagi dari mereka,” katanya, saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Sementara itu, kritik yang datang kepada Ventura menimbulkan spekulasi pemecatan dirinya. Ada banyak nama yang beredar sebagai calon pengganti pelatih timnas Italia, seperti Allegri, Carlo Ancelotti, Conte, Di Baggio, dan Mancini.

1 dari 3 halaman

Pilihan Utama

Namun, media di Italia menyebut Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah menjalin kontak dengan Ancelotti, dan mungkin dia adalah pilihan nomor satu.

Saat ini Ancelotti sudah tak memiliki klub. Jadi ini mungkin saat yang tepat baginya untuk melatih tim nasional.

Sejauh ini dilaporkan Ancelotti masih akan memikirkan tawaran ini, sebelum kemudian menyerahkan keputusan kepada mereka. Dan, kabarnya besok FIGC akan menggelar pertemuan penting.

2 dari 3 halaman

Roberto Mancini

Nama Roberto Mancini mencuat sebagai salah satu kandidat untuk menggantikan Ventura beberapa jam setelah kegagalan Gli Azzurri mengalahkan Swedia. Mantan pelatih Inter Milan tersebut dianggap tepat untuk menangani generasi muda Italia selepas pensiunnya empat pemain veteran.

Memang ada beberapa nama lain yang lebih senior dan berpengalaman dibandingkan Mancini yang juga disarankan. Namun, menurut Mediaset Premium, Mancini lebih diunggulkan.

Saat ini, Mancini masih menukangi Zenit Saint Petersburg. Ia masih terikat kontrak sampai Juni 2020 dengan klub Rusia itu.

Artikel Selanjutnya
Buffon Yakin Italia Lolos Piala Dunia 2018
Artikel Selanjutnya
Usai Dibantai Spanyol, Italia Panggil Pemain Baru