Sukses

Asian Games 2018: Timnas Sepeda Gunung Gaet Sponsor Baru

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mendapat sponsor baru untuk salah satu nomor balap sepeda jelang Asian Games 2018. Sebuah produsen sepeda gunung baru saja menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan ISSI pada Rabu (15/11/2017) di Kawasan MH Thamrim, Jakarta.

ISSI bersama PT Roda Pasific Mandiri, produsen sepeda Pasific Bike, akan bekerja sama dalam pengelolaan pelatnas (pelatihan nasional) Asian Games 2018 atlet sepeda gunung atau Mountainbike (MTB) disiplin Cross Country Olimpic (lintas alam). Pasific akan mengucurkan dana sebesar Rp 1,6 miliar untuk pembinaan delapan pesepeda di Asian Games.

"Untuk menjalankan organisasi ini kami membutuhkan kontribusi dari banyak pihak. Kalau yang lain bisa mencontoh apa yang dilakukan Pasific Bike, pasti prestasi pembalap sepeda Indonesia akan lebih baik lagi," ujar Ketua Umum ISSI, Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers.

Pelatnas MTB XCO rencananya akan bermaterikan empat atlet putra dan putri untuk kategori elite. Sampai saat ini bidang pembinaan prestasi ISSI masih terus melakukan seleksi untuk memilih atlet tersebut.

"Kami saat ini hanya punya satu atlet nasional, yaitu Zaenal Fanani di nomor cross country. Sponsor baru ini memberi motivasi luar biasa agar bisa mencetak lebih banyak lagi atlet dari nomor ini dan mudah-mudahan mereka bisa naik podium di Asian Games 2018 sampai Olimpiade Tokyo 2020," tutur Okto.

 

1 dari 3 halaman

Harapan Sponsor

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pasific Bike Silvana Soei optimistis pada masa kerja samanya dengan ISSI. Dia tak menutup kemungkinan untuk mendukung atlet sepeda Indonesia hingga ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami memberikan dukungan kepada federasi dalam bentuk uang agar mereka lebih leluasa untuk memaksimalkan kegiatan balap sepeda," kata Silviana.

Dia menambahkan, "Dukungan Pasific Bike tidak akan berhenti sampai Asian Games. Kami ingin bersama mengukir prestasi di Olimpiade juga."

 

2 dari 3 halaman

Test Event Asian Games 2018

Lomba balap sepeda gunung (MTB) dari nomor lintas alam Asian Games 2018 akan digelar di Subang, Jawa Barat. Hingga kini, ISSI masih menunggu format test event atau uji coba perlombaan sesuai arahan INASGOC (panpel Asian Games).

"Rencananya mulai Maret sudah test event, digabung dengan agenda test event paracycling (lomba sepeda difabel). Tapi kami belum tahu bakal uji coba panitia dulu atau lomba dulu," kata Raja Sapta Oktohari.

Artikel Selanjutnya
Test Event Asian Games Panjat Tebing Siap Digelar di Cikole
Artikel Selanjutnya
Target Timnas Kriket Tercapai di SEA Games, PCI Puas