Sukses

Menang, Ini Pendapat Pelatih Suriah soal Timnas Indonesia

Pelatih Suriah U-23, Husein Afash, mengaku harus ubah strategi agar bisa menang lawan Timnas Indonesia U-23.

Liputan6.com, Cikarang - Pelatih Suriah U-23, Husein Afash, mengakui kualitas permainan Timnas Indonesia U-23 asuhan Luis Milla, usai kedua tim bertemu pada Kamis (16/11/2017). Suriah menang tipis 3-2 setelah mengubah strategi di babak kedua.

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Timnas Indonesia U-23 memakai formasi tiga penyerang dengan Ilham Udin Armayn sebagai striker. Sementara Suriah turun dengan pola 3-4-3 yang dua kali kebobolan di babak pertama.

Striker Suriah U-23 Moumen Naji lebih dulu membuka keunggulan pada menit ke-30. Namun, lima menit berselang, Septian David Maulana yang turun sebagai second striker Indonesia langsung menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-43 Naji kembali mencetak gol untuk tim tamu melalui tendangan bebas. Namun, lagi-lagi skuat Timnas Indonesia berhasil membalasnya setelah Osvaldo Haay melakukan sundulan di menit 45 hasil pemanfaatan umpan silang Febri Hariyadi.

"Tadi itu pertandingan yang sangat bagus walau kesulitan karena hujan deras. Timnas Indonesia punya banyak peluang pada babak pertama dan di babak kedua kami mengubah strategi hingga kami akhirnya menang," ujar Afash dalam jumpa pers usai laga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Cetak Gol

Gol pembeda dalam pertandingan persahabatan ini datang di babak kedua. Penyerang Suriah Abd Al Rahman Barakat mencetak gol penutup ke gawang Satria Tama di menit ke-52.

Afash mengakui timnya harus mengganti formasi seperti skuat Garuda agar punya banyak kesempatan mencetak gol. Selain itu, pemain Suriah U-23 juga dapat pengalaman lebih meredam kecepatan serangan Timnas Indonesia.

"Kami menjalani laga sulit pada babak pertama karena sistem milik Indonesia beda dengan Suriah. Kami ubah pola permainan dari 3-4-3 to 4-3-3. Walau tidak banyak kesempatan akhirnya kami bisa cetak gol," tuturnya.

"Pemain Indonesia sangat bagus, sangat cepat. Karena pelatih Anda orang Spanyol mungkin ada perpaduan gaya Asia dan Spanyol. Ini tim bagus dengan pemain bagus," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Komentar Pemain

Penyerang Suriah Mhd. Raafat Mouhtadi berkomentar soal pengalamannya melawan tim Asia Tenggara. Dia menganggap Indonesia lawan yang tepat untuk menambah pengalaman tandingnya.

"Terima kasih pada federasi Indonesia, penonton Indonesia. Pertandingan bagus untuk kami karena kami mendapat pengalaman berbeda antara sepak bola Asia dengan Arab," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.