Sukses

SUGBK Tak Akan Gelar Test Event Asian Games 2018

Test event cabang sepak bola putra Asian Games akan berlangsung di lima stadion.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI membantah akan menggelar pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan sebagai test event atau uji coba penyelenggaraan Asian Games 2018. Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan, test event sepak bola putra dijadwalkan berlangsung pada Februari 2018 di tiga stadion.

Stadion yang dipakai sebagai venue sepak bola putra Asian Games adalah Patriot Candrabhaga (Bekasi), Pakansari (Cibinong), Wibawa Mukti (Cikarang), Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), dan Si Jalak Harupat (Bandung). Tisha mengungkapkan, dua lokasi terakhir belum selesai renovasi.

"Test event Asian Games itu seyogyanya mengetes stadion yang akan digunakan. Jadi pasti tidak di sana (GBK)," ujar Ratu Tisha kepada wartawan, Kamis (16/11/2017).

Tisha memaparkan, PSSI berencana menggelar simulasi situasi dalam test event, seperti pengendalian keramaian, keamanan, hingga kesuksesan menggelar pertandingan. Mereka akan berkordinasi dengan operator cabor lain yang juga melakukan uji kesiapan sebelum kompetisi sesungguhnya.

"Akhirnya kita akan keliling di tiga stadion dahulu. Kalau di sepak bola sulit memisahkannya, karena kami memperhitungkan masalah transportasi juga. Kami menguji tempat yang digunakan," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Piala Pertiwi

Turnamen sepak bola putri nasional Piala Pertiwi 2017 akan menjadi test event pertama yang digelar PSSI. Ajang ini digelat di dua venue Asian Games mulai 3 sampai 17 Desember di Palembang, Sumatra Selatan, yakni Stadion Gelora Bumi Sriwijaya dan Stadion Atletik Gelora Sriwijaya Jakabaring.

"Kenapa Piala Pertiwi kami gelar jauh-jauh di Palembang padahal di sini (Jabodetabek) banyak? Karena kami ingin menguji stadion. Itu bisa dibilang test event Asian Games 2018," ucap Tisha.

Piala Pertiwi akan melibatkan 13 tim putri yang terbagi dalam empat grup, A sampai D. Berikut pembagian Grup Piala Pertiwi 2017.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup Piala Pertiwi

Grup A: Kalimantan Barat, Jambi, Papua Barat, Jawa Barat

Grub B: Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta

Grup C: Bengkulu, Papua, Bali

Grup D: Banten, Bangka Belitung, Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini