Sukses

Soal Masa Depan, Rossi Takut Pensiun dari MotoGP

Liputan6.com, Valencia - Pada usianya yang sudah 38 tahun, cepat atau lambat Valentino Rossi akan memutuskan pensiun dari MotoGP. Masalahnya, tidak ada yang tahu kapan pembalap Movistar Yamaha itu akan gantung helm.

Tak akan ada yang membantah jika menyebut Rossi sebagai legenda hidup MotoGP, bahkan untuk dunia balap. Hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan menggeluti motor dan lintasan. Rossi diketahui telah memulai karier balapnya sejak usia 5 tahun.

Sejak itu, sudah banyak momen manis yang dilewatinya. Tercatat, The Doctor mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya adalah kelas utama atau MotoGP. Hingga kini, penampilannya terbilang masih kompetitif, meski faktor usia memang tak bisa dibohongi.

Ia mulai kewalahan menghadapi persaingan dari para pembalap yang jauh lebih muda darinya. Itulah mengapa banyak yang menganggap Rossi akan pensiun dalam waktu dekat. Terlebih, kontraknya bersama Yamaha akan berakhir usai MotoGP 2018.

Namun, saat ditanya mengenai opsi pensiun dari MotoGP, Rossi justru mengaku khawatir. "Saya takut pensiun. Ini membuat saya khawatir dan suatu hari akan sulit menemukan yang lain. Hidup saya adalah tentang MotoGP. Akademi itu bagus, tapi tidak sama," katanya, dilansir Speedweek.

Rossi sempat berulang kali menyatakan soal masa depannya. Ia baru akan memutuskan setelah melihat hasil pada enam balapan pertama musim 2018. Di sana, ia akan melihat apakah dirinya masih mampu bersaing atau tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Rossi

Masalahnya, terlihat jelas bahwa di musim 2017 Rossi mulai tertinggal dari para pesaingnya. Ia baru saja menorehkan catatan buruk selama membela Yamaha. Untuk kali pertama bersama Yamaha, ia hanya mampu finis di urutan kelima klasemen.

Dari 17 balapan yang diikuti, hanya enam podium dan satu kemenangan yang bisa diraih pembalap Italia tersebut. Ia berada di belakang Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa.

"Tujuannya adalah tetap memenangkan juara dunia. Tujuan kedua adalah memenangkan balapan. Dan kemudian ada tujuan untuk menyelesaikan balapan di podium," tegas Rossi.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Rossi di Semua Kelas

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

MotoGP

Balapan: 301

Menang: 89

Podium: 190

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.893

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.