Sukses

Dimas Ekky Start Posisi ke-10, Peluang Masih Besar

Liputan6.com, Valencia - Dimas Ekky Pratama akan start dari urutan ke-10 dalam seri terakhir FIM Repsol CEV Moto2 di Valencia. Dimas mencatatkan waktu terbaik 1:36,967 yang diperolehnya pada kualifikasi pertama, sabtu (18/11).

Catatan terbaik di kualifikasi ke-2 tidak diraihnya mengingat Dimas jatuh di putaran pertama, sore 16.05 waktu setempat. Dimas terpaksa berhenti di gravel tikungan terakhir lintasan Circuit Ricardo Tormo.

"Saat itu saya mencoba memberi jarak pada pembalap lainnya untuk attack di putaran ke dua," ujar Dimas di hadapan Liputan6.com dan media nasional lainnya. Sayang, ada kesalahan di tikungan terakhir yang membuatnya jatuh. Jari manis tangan kirinya terluka karena sempat tertahan di kopling.

"Tapi tidak serius karena setelah x-ray tidak ada yang retak," ujar pembalap Astra Honda Racing Team. Kejadian ini tidak memupuskan semangat Dimas untuk bertarung di kompetisi sesungguhnya yang akan berlangsung Minggu (19/11). "Saya masih optismistik untuk terus berlaga besok."

Pihak Honda Astra Motor pun tidak berharap lebih selain meminta Dimas untuk berbuat yang terbaik. "Hasil kualifikasi hari ini cukup baik. Saya percaya Dimas akan berbuat yang terbaik," ujar Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur Astra Honda Motor.

Pada kelas CEV Moto3 Junior World Championship, Andi Gilang menorehkan posisi 6 besar pada sesi kualifikasi group pertama dengan catatan waktu tercepat 1:40,157. Catatan ini dicetak pada lap ke-14 dari total 16 lap yang dijalani. Penampilan pebalap muda asal Bulukumba, Sulawesi Selatan pada sesi kualifikasi kedua pun tak kalah gemilang.

Andi Gilang menyelesaikan balapan pada posisi ke-7. Catatan waktu kualifikasi Andi Gilang pada seri Valencia ini lebih baik dari catatan waktu kualifikasi pada seri Valencia awal Juli lalu. Saat itu, pembalap muda ini menempati posisi start ketiga setelah menoreh waktu 1:40,291.

Sesi kualifikasi CEV Moto3 Junior World Championship dibagi menjadi 2 group untuk menyeleksi 42 pembalap terbaik dari 57 pembalap yang ikut dalam kelas ini. Hasil kualifikasi dua group peserta menempatkan Andi Gilang pada posisi ke-14 balapan CEV Moto3 Junior World Championship seri terakhir di Valencia.

Saat ini Andi Gilang menempati posisi ke-15 klasemen sementara CEV Moto3 Junior World Championship dengan total 29 poin.

"Pada kualifikasi ini, target saya terus berusaha meningkatkan catatan waktu pada setiap lap dan ternyata saya mampu mencetak catatan waktu yang jauh lebih baik dari kualifikasi di sirkuit ini juga Juli lalu. Semoga hal ini membuat saya lebih mampu bersaing pada balapan hari Minggu," ujar Andi Gilang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.