Sukses

5 Posisi yang Wajib Dibenahi Liverpool untuk Jadi Kandidat Juara

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool belum pernah menjadi jawara sejak Inggris menggunakan format Liga Primer. Bukannya tidak berusaha, tapi harapan The Reds mencapainya pada 2017/2018 sepertinya tidak akan tercapai melihat performa mereka sejauh ini.

Pada beberapa tahun terakhir, Liverpool hanya bergelut untuk masuk empat besar. Berbagai faktor jadi alasan mengapa klub Merseyside itu belum bisa masuk persaingan gelar. Salah satunya yang memainkan peran terbesar adalah skuat yang dianggap kurang kompetitif.

Hingga pekan 12, Pasukan Jurgen Klopp itu masih menempati peringkat lima dengan 22 poin. Mereka tertinggal 12 angka dari pemuncak klasemen, Manchester City.

Liverpool masih berkesempatan mengejar. Syaratnya, mereka menggunakan bursa transfer musim dingin dengan baik. Mereka wajib menambah amunisi untuk merengsek ke papan atas.

Ada lima posisi yang wajib dibenahi Liverpool untuk membawa kembali bersaing di papan atas. Berikut penuturannya menurut Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

Bek Berkelas

Virgil van Dijk. (AFP/Glyn Kirk)

Klopp sebenarnya sangat serius untuk mendapatkan Virgil van Dijk sebelum musim dimulai. Namun, Southampton tak bersedia menjualnya dan bikin Liverpool gigit jari.

Menghadapi ini, Liverpool seharusnya bisa menyiapkan rencana cadangan. Sayangnya mereka tidak punya dan kini mereka merasakan dampaknya.

Setelah 12 pertandingan, Liverpool memiliki salah satu catatan pertahanan terburuk di liga dengan 17 gol kebobolan.

Joel Matip, Dejan Lovren, dan Ragnar Klavan memang sudah teruji di timnas masing-masing. Namun, nyatanya mereka tidak cukup baik untuk menjadikan Liverpool kandidat juara.

Belakangan, nama Stefan De Vrij masuk incaran dan bisa jadi jawaban. Sebab, De Vrij adalah salah satu bek tangguh di Serie A.

2 dari 6 halaman

Kiper Baru

Liverpool punya Simon Mignolet yang tak bisa dipercaya. Dia bermain di Inggris sejak 2010 dan tampil di hampir 250 pertandingan. Walau berpengalaman, catatan penyelamatannya cuma 51,3% musim ini, alias paling buruk di liga.

Klopp juga punya Loris Karius yang didatangkan musim panas 2016. Akan tetapi, dia dinilai belum pantas jadi penjaga gawang nomor satu di Anfield.

Simon Mignolet. (AFP/ Paul Ellis)

Ada laporan selama musim panas tentang pendekatan Liverpool untuk kiper Sevilla Sergio Rico. Pemain berusia 24 tahun itu memiliki 12 clean sheet dalam 35 pertandingan musim lalu di Spanyol.

Dia menduduki peringkat ketiga dalam kategori tersebut, hanya kalah dari Jan Oblak dan Marc-Andre ter Stegen.

3 dari 6 halaman

Gelandang Bertahan

Naby Keita. (AFP/Robert Michael)

Klopp telah berada di Liverpool selama lebih dari dua tahun. Namun, dia belum membawa satu gelandang bertahan yang bagus. Sedangkan Naby Keita kemungkinan besar baru bergabung tahun depan.

Gelandang Guinea itu telah melakukan tugas bertahan dengan sangat baik di Bundesliga musim ini. Dia melakukan tiga kali tekel dan 2,5 intersep per game. Dia bukan gelandang bertahan biasa, tapi juga memiliki teknik.

Patut dinantikan bagaimana Klopp menjalankan bisnisnya di musim dingin. Selain Keita, beberapa nama sudah disiapkan, seperti Idrissa Gueye dan Wilfried Ndidi.

4 dari 6 halaman

Striker Cadangan

Sadio Mane dan Mohamed Salah telah membentuk trio menyerang mematikan bersama Roberto Firmino. Liverpool mengakhiri musim lalu dengan rekor menyerang terbaik keempat di liga. Musim ini mereka berada di posisi ketiga dengan 24 gol, hanya di belakang Manchester City dan Manchester United.

Dominic Solanke. (AFP/Christof Stache)

Namun, masalah Liverpool pada sektor ini tetap ada. Belakangan cara main ketiganya di depan sudah mulai terbaca. Lihat saja saat mereka gagal mencetak gol melawan Burnley dan Newcastle United.

Mereka butuh striker bertipe berbeda yang bisa ubah situasi. Dalam hal ini, Liverpool sebenarnya sudah memiliki Dominic Solanke. Namun dia masih 20 tahun dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang.

Divock Origi menawarkan dimensi yang berbeda untuk tim. Tapi, karena beberapa alasan, dia dipinjamkan musim ini.

5 dari 6 halaman

Playmaker Baru

Philippe Coutinho masih menjadi pemain Liverpool. Namun, situasi bisa segera berubah karena banyaknya peminat yang menginginkan jasanya.

Untuk menggantikan, Liverpool dapat membidik Hakim Ziyech. Pemain berusia 24 tahun asal Maroko ini terus mencuri perhatian bersama Ajax Amsterdam di Eredivisie.

Beberapa pemain asal Jerman juga masuk radar. Bahkan ada beberapa laporan The Reds sudah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan Leon Goretzka dari Schalke 04.

Secara gaya bermain, Goretzka memang bukan tipe playmaker klasik. Tapi, di bawah bimbingan Klopp, dia bisa berkembang memainkan peran tersebut. (Eka Setiawan)

Philippe Coutinho. (AFP/Paul Ellis)

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
Start Cemerlang, Mata Yakin MU Juara Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
Manchester City Bidik Start Sempurna di Liga Inggris