Sukses

Borneo FC Perpanjang Kontrak Eks Pelatih Kiper Cruzeiro

Borneo FC belum pernah memiliki pelatih kiper dengan kemampuan seperti Luizinho.

Liputan6.com, Samarinda - Borneo FC telah memperpanjang kontrak pelatih kiper asal Brasil Luizinho Passos. Kesepakatan baru Passos dengan klub dilakukan tertutup dan terjalin bulan Oktober lalu sebelum kompetisi Liga 1 berakhir.

Manajer Borneo FC, Farid Abubakar memastikan perpanjangan kontrak Passos baru-baru ini. Diberitakan situs resmi klub, Pesut Etam puas atas kinerja eks pelatih Cruzeiro tersebut selama menangani tiga penjaga gawang yakni Muhammad Ridho, Nadeo Argawinata, dan David Aryanto.

Dipoles Passos, Ridho bahkan membuat catatan impresif di sepanjang gelaran Liga 1 2017. Dia melakukan 104 penyelamatan, terbanyak dibanding kiper lain.

"Kalau sudah terlihat kemampuannya, maka kami tak ada alasan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Klub pun percaya dengan kemampuan dia yang punya keahlian mendongkrak tim, selama ini belum ada yang seperti itu. Jadi kami tambah durasinya," kata Farid.

Passos datang ke Samarinda sebagai pengganti pelatih kiper asal Montenegro, Zoran Banovic. Kontrak Banovic tak diperpanjang Borneo FC setelah manajemen melakukan evaluasi pada pekan delapan Liga 1.

Borneo FC sendiri harus puas finis di peringkat delapan klasemen akhir Liga 1 dengan koleksi 52 poin. Pencapaian juara Divisi 1 2014 tersebut lebih baik dibanding kompetisi sebelumnya. Pada Torabika Soccer Championship 2016, mereka duduk di posisi sembilan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Pelatih

Sementara itu, Passos mengaku betah tinggal di Kota Samarinda. Dia bahkan mencoba untuk belajar Bahasa Indonesia agar bisa berkomunikasi dengan lancar.

"Bagi saya saat ini Borneo FC seperti keluarga saya yang kedua. Saya sudah mencintai klub ini dan saya pun siap untuk berkerja sama lebih lama di sini," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Visi Pelatih

Untuk mendongkrak performa para penjaga gawang, dia sudah menyiapkan metode latihan di musim depan. Passos ingin kiper Borneo FC lebih baik dalam merespons situasi bola mati atau setpiece.

"Perlu latihan untuk antisipasi penalti dan tendangan bebas. Hal itu masih saya coba perbaiki tahun depan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.