Sukses

5 Pemain Alternatif Barcelona jika Gagal Rekrut Coutinho

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona harus segera mencari pemain alternatif lain pada bursa transfer musim panas mendatang. Sebab, dua pemain incaran mereka tak bakal dijual oleh klubnya dalam waktu dekat.

Target pertama Barca setelah Neymar hengkang ke Paris Saint-Germain adalah pemain Liverpool Philippe Coutinho. Liverpool bahkan sudah disodori tawaran senilai 118 juta poundsterling (Rp 2 triliun) musim panas 2017 lalu yang pada akhirnya ditolak mentah-mentah.

Demi melancarkan usaha perekrutan Coutinho, Barcelona juga berniat menjual lima pemain untuk mendapat dana segar. Kelima pemain ini dianggap gagal memenuhi ekspektasi klub yaitu Denis Suarez, Arda Turan, Andre Gomes, Paco Alcacer, dan Aleix Vidal.

Barcelona juga dikabarkan mengincar Antoine Griezmann sebagai target utama pada musim panas 2018. Namun, striker Atletico Madrid tersebut telah menandatangani kontrak baru pada Juni lalu dengan klausul pelepasan mencapai 170 juta pound (Rp 3 triliun).

Jika Blaugrana ngotot menginginkan jasa Griezmann, mereka harus bersaing dengan Manchester United (MU). Musim lalu pemain timnas Prancis tersebut sudah setuju hengkang ke Inggris, namun Atletico masih hukuman larangan transfer dari FIFA hingga Januari 2018.

Persoalan kedua, dana untuk mendatangkan Griezmann juga tak sedikit. Menebus klausul pelepasan bintang 26 tahun itu sama saja mendatangkan empat sampai pemain muda berbakat di Eropa.

Dilansir dari laman ftb90.com, pada Minggu (19/11/2017), ada lima pemain yang pantas dijadikan alternatif pembelian Barcelona jika tak mendapatkan Coutinho maupun Griezmann. Harga rata-rata pembelian pemain ini juga jauh lebih murah dibanding Coutinho dan Griezmann.

Liputan6.com mencoba merangkumnya dalam ulasan berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jean Michaël Seri

Jean Seri terus dikaitkan dengan Barcelona sejak musim panas lalu. Gelandang Nice ini masuk dalam daftar pengganti Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain dengan nilai transfer 222 juta euro atau Rp 3,4 triliun.

Jean Seri bisa jadi gelandang pilihan baru pelatih Ernesto Valvelde yang ditempatkan di antara atau di depan Iniesta dan Rakitic. Peran ini seharusnya dilakukan Coutinho jika setuju ke Barcelona dari Liverpool.

Jean Seri harganya tidak terlalu mahal. Menilik situs transfermarkt, dia hanya dihargai 25 juta euro (Rp 398 miliar).

 

3 dari 6 halaman

2. Thiago Alcantara

Mantan gelandang Barcelona ini bisa membuat sensasi jika kembali ke klubnya setelah hengkang pada 2013. Sebab kini Thiago Alcantara menjelma jadi pemain kunci di skuad Bayern Munchen.

Pemain 26 tahun tersebut sebelumnya sudah mengisyaratkan kemungkinan pulang ke Catalunya. Dia bakal bereuni dengan mantan pemain Barcelona hingga mewujudkan momen tampil satu lapangan dengan adik laki-lakinya Rafinha.

Fleksibilitas dan kemampuan Thiago yang serba bisa bakal menjadi senjata yang berguna untuk pelatih Barca. Sebab hingga ini dia masih belum menemukan formasi terbaik usai Neymar hengkang ke PSG.

 

4 dari 6 halaman

3. Lorenzo Insigne

Kemampuan Insigne telah menarik perhatian klub-klub elite Eropa setelah tampil gemilang bersama Napoli. Winger 26 tahun tersebut membawa I Partenopei ke puncak klasemen Serie A bersama Marek Hamsik dan Dries Mertens hingga pekan ke 13 ini.

Dia telah mencetak 43 gol dalam 179 penampilan untuk Napoli. Pemain berjuluk 'Lorenzo il Magnifico' dianggap punya kecepatan yang berguna untuk lini depan Barcelona jika pelatih Ernesto Valverde mempertahankan formasi 4-3-3.

 

5 dari 6 halaman

4. Leon Goretzka

Gelandang tengah Schalke 04 ini sedang mengantre sebagai pengganti Emre Can di Liverpool. Namun, Leon Goretzka disebut-sebut bakal bersinar dengan Barcelona yang membutuhkan talenta muda di lini tengah.

Pemain 22 tahun itu punya kontrol bola yang hebat dan mampu memenangkan duel udara area tengah serta punya insting mencetak gol. Jika dia bergabung dengan Barcelona, Valverde bisa mencoba formasi berlian (diamond) atau kembali ke 4-4-2.

 

6 dari 6 halaman

5. Eden Hazard

Dalam beberapa tahun terakhir Eden Hazard selalu dikaitkandengan Barcelona. Jika pemain timnas Belgia itu hengkang dari Chelsea, mungkin salah satu klub tujuannya adalah Barca.

Pemain 26 tahun tersebut akan bermain bagus dalam formasi tradisional Barca 4-3-3, mendampingi Lionel Messi di sebelah kiri dan Luis Suarez. Selain itu Hazard juga bisa bergeser ke lini tengah sebagai gelandang serang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.