Sukses

3 Pemain Ini Bisa Angkat Prestasi Persib

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung mengalami kemerosotan prestasi di kompetisi sepak bola Indonesia. Posisi ke-13 klasemen akhir Liga 1 menjadi penanda krisis yang dialami Persib saat ini.

Sebenarnya, tanda-tanda akan menurunnya prestasi Persib sudah terlihat. Itu ketika mereka gagal maksimalkan striker Charlton Cole yang pernah main di Liga Inggris.

Cole diputus di tengah jalan karena dinilai tak memberi kontribusi apa-apa untuk Persib. Persib lalu mendatangkan Ezechiel N'Douassel sebagai pengganti.

Namun, striker asal Chad ini belum memberi hasil maksimal meski cukup memberikan kekuatan untuk lini depan Persib. Klub berjulukan Maung Bandung ini sebenarnya tak pernah kekurangan talenta pemain bagus.

Beberapa pemain muda seperti Henhen, Gian Zola, Febri Hariyadi dan Billy Keraf jadi bukti bagaimana banyaknya potensi pemain muda yang bisa diangkat Persib Bandung. Untuk menyempurnakan skuat, Persib wajib beli pemain-pemain ini, siapa saja mereka?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Wiljan Pluim

Saat Persib menjadi juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015, Persib memiliki seorang playmaker yang mumpuni. Itu terletak pada diri Makan Konate.

Setelah Konate hengkang, Persib belum juga mendapatkan pemain dengan kualitas yang sama. Meski mendatangkan Michael Essien yang notabene pemain kelas dunia, lini tengah Persib tetap saja tak bernyawa.

Essien dulu tipikal gelandang bertahan. Padahal, Persib sudah memiliki ini pada diri Haryono dan juga Kim Jeffrey Kurniawan.

Persib kehilangan sosok playmaker yang bisa menusuk pertahanan sekaligus berikan umpan-umpan ciamik buat pemain di depan. Gelandang PSM asal Belanda, Wiljan Pluim bisa jadi pilihan.

Musim lalu, dia mencetak 12 gol bersama PSM Makassar. Meski begitu, Pluim dikabarkan masih setia dengan PSM. Jika gagal, Persib bisa mempertimbangkan bawa pulang Marcos Flores yang dilepas Bali United.

3 dari 4 halaman

2. Pieter Odemwingie

Eks Madura United ini terbukti punya ketajaman di Liga 1. Dia mencetak 15 gol untuk Madura United dan sempat membawa klub asal Bangkalan, Madura itu bersaing jadi juara Liga 1.

Meski begitu, Odemwingie akhirnya memilih hengkang dari Madura United.Meski begitu, Madura United dikabarkan tidak rela jika Odemwingie gabung klub Indonesia lainnya. Ini sempat menjadi polemik belakangan ini.

Di luar itu, striker asal Nigeria ini sosok yang dibutuhkan Persib. Saat ini, Maung Bandung butuh goal getter setelah masa depan Sergio van Dijk tidak jelas.

Persib terbukti sangat minim dalam hal cetak gol. Musim lalu, Persib hanya mencetak 39 gol saja semusim atau rata-rata 1,14 gol saja per laga.

Krisis striker bisa dilihat dari pemain yang paling banyak cetak gol musim lalu untuk Persib. Bukan Essien, Tantan atau Febri, namun Raphael Maitimo yang paling banyak cetak gol dengan 9 gol. Sosok striker tajam sangat dibutuhkan Persib.

4 dari 4 halaman

3. Sylvano Comvalius

Kualitas Comvalius tak usah ditanyakan lagi. Dia menobatkan diri menjadi striker paling tajam di Indonesia paling tidak dalam dua dekade terakhir.

Dengan torehan 37 gol di Liga 1, Comvalius resmi lewati eks striker Bandung Raya, Peri Sandria di Liga Indonesia 1995/96. Striker haus gol seperti ini sangat dibutuhkan Persib.

Meski kemenangan juga bergantung kepada lini pertahanan, tapi garansi gol dari pemain tajam seperti Comvalius bisa dijadikan alternatif bagi Persib.

Bobotoh Persib haus dengan kemenangan. Gol tentunya menjadi obat mujarab untuk membuat fans Persib gembira. Comvalius bisa jadi salah satu yang dibutuhkan Persib saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.