Sukses

PSSI Berpeluang Tunjuk Pelatih Asing Pengganti Indra Sjafri

PSSI membuka kemungkinan pelatih asing menjadi suksesor Indra Sjafri di tim nasional Indonesia U-19.

Jakarta - Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan kalau PSSI berpeluang menunjuk pelatiha asing sebagai pengganti Indra Sjafri di timnas Indonesia U-19.

bacajuga:Baca Juga

PSSI secara resmi mengeluarkan keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-19, Selasa (21/11/2017). Sebagai gantinya, PSSI memberikan peran baru kepada Indra Sjafri yakni dalam program pengembangan sepak bola Indonesia.

"Pengganti Indra Sjafri bisa pelatih asing ataupun lokal. Hal yang paling penting adalah sosok itu harus terintegrasi dengan Filanesia kita. Pola latihan tidak boleh keluar dari Filanesia, karena ini menjadi tulang punggung ke event selanjutnya," kata Tisha kepada wartawan di Kantor PSSI, Selasa (21/11/2017).

Lebih lanjut, Tisha mengatakan pelatih terpilih nantinya hanya akan berfokus pada dua agenda yang akan diikuti timnas U-19 di 2018 yakni Piala AFF U-18 dan Piala Asia U-19 2018. Untuk itu, Tisha mengklaim pihaknya tak ingin terburu-buru menentukan pilihan.

"Jadi istilahnya Ad hoc Timnas U-19. Bukan dia yang bertanggung jawab atas pembinaan itu. Untuk itu saat ini sedang menggodok kriterianya. Sampai sekarang belum ada nama yang kami bidik karena ini bukan seperti mencari pelatih untuk klub Liga 1," ucap Tisha.

Saat ini bursa pelatih baru tim nasional Indonesia U-19 diramaikan tiga nama. Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy menjadi satu-satunya pelatih asing yang akan menjadi pengganti Indra Sjafri. Selain itu ada pula nama Widodo Cahyono Putro (Bali United), hingga mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, masuk dalam bursa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.