Sukses

Prediksi Juventus Vs Barcelona: Jumpa Terakhir Buffon - Iniesta

Perjumpaan Juventus dan Barcelona menjadi bagian dari kans pertemuan terakhir Gianluigi Buffon dan Andres Iniesta.

Jakarta - "Musim ini menjadi momen terakhir bagi saya bersama Juventus. Wajar jika saya ingin memberikan koleksi trofi yang tersedia maksimal pada periode karier saya bersama Juventus,"

Kalimat tersebut telontar dari mulut kiper Juventus, Gianluigi Buffon, jelang matchday 5 Grup D Liga Champions 2017-2018, di Allianz Stadium, Rabu (22/11/2017) atau Kamis (23/11/2017) dini hari WIB. Bagi Buffon, laga kontra Barcelona memiliki arti penting.

Baca Juga

  • Saksikan Live Streaming Juventus Vs Barcelona di Bola.com
  • Paulo Dybala Indikasikan Siap Tinggalkan Juventus
  • Lawan Barcelona, Juventus Siap Menderita

Buffon tak sendiri, karena gelandang serang Barcelona, Andres Iniesta sudah menunggu pertarungan dua tim raksasa Eropa tersebut. Bagi Iniesta, laga kali ini tak sekadar tiga poin, melainkan momentum "perpisahan" dengan sosok Buffon.

Situs resmi Barcelona, Selasa (21/11/2017) merilis video yang memunculkan beberapa komentar Buffon dan Iniesta dalam satu layar. Beberapa pertanyaan dengan jawaban yang menarik menjadi atensi publik. Satu di antaranya adalah kemungkinan pertemuan terakhir kedua tim di panggung sepak bola antarklub.

Buffon mengungkapkan, dirinya ingin pensiun pada musim ini. Ia mengakui, laga dini hari nanti WIB bisa menjadi yang terakhir bersua skuat Barcelona, termasuk menghadapi Andres Iniesta. Rencana Buffon bisa saja tak terealisasi jika Juventus bersua Barcelona pada fase knock-out.

"Iniesta lawan yang hebat, dan kami berdua sudah merasakan banyak momentum sebagai lawan. Selalu menarik menunggu aksi-aksinya, tapi sepertinya ini menjadi yang terakhir," kata Buffon, yang juga dirilis di Tuttosport.it.

Berbeda dengan sang "lawan", Andres Iniesta menyatakan belum ingin pensiun. Ia menunggu tubuhnya tak mampu lagi menerima tantangan di lapangan hijau.

"Pernah merasakan menjadi 'musuh' Buffon adalah hal luar biasa. Saya belum ingin beristirahat, dan masih ingin memberi beberapa gelar untuk Barcelona," jelas sang penggawa Timnas Spanyol tersebut.

Keberadaan Buffon dan Iniesta di lapangan menjadi sisi menarik laga Juventus kontra Barcelona, meski keduanya berbeda posisi. Status tak sama tersebut membuat Buffon dan Iniesta punya peran lain, yakni pemimpin di lapangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fakta Gigi Buffon

Semua itu tak lepas dari perjalanan panjang di pentas turnamen antarklub se-Eropa. Buffon melakukan debut di panggung Eropa pada 24 September 1995. Kala itu, Buffon membela Parma pada putaran pertama Piala UEFA, dan kalah 0-2 dari Vitoria.

Setelah pindah ke Juventus, Gigi Buffon merasakan karier yang panjang di pentas Liga Champions. Catatan UEFA.com menunjukkan, bersama Bianconeri, Buffon sudah merasakan 110 laga di pentas Liga Champions, plus 10 bersama Parma.

 

3 dari 5 halaman

Fakta Andres Iniesta

Andres Iniesta tak berbeda jauh. Andalan lini tengah Barcelona tersebut melakoni debut di level kompetisi antarklub Benua Biru pada 29 Oktober 2002, tepatnya kala bersua Club Brugge di fase grup, dengan hasil kemenangan 1-0.

Total, Iniesta sudah "mengabdi" dalam 127 laga bersama Barcelona di panggung Liga Champions, plus 11 gol. Bagi Iniesta, Barcelona ingin memberikan "penderitaan" terhadap Gigi Buffon.

"Kami terbang ke Turin dengan spirit secepatnya lolos dari fase grup. Kondisi tersebut sangat penting, sehingga kami bisa berkonsentrasi di level liga domestik. Tiga angka memberi garansi, tapi kami tak boleh lengah meski unggul telak pada pertemuan pertama," beber Iniesta, di El Pais.

 

4 dari 5 halaman

Gambaran Kekuatan

Iniesta tak sekadar membual. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menegaskan, Barcelona akan tampil dengan skuat penuh. Luis Suarez dan Lionel Messi akan menjadi duet di area depan, yang bakal disokong empat gelandang yang sedang tampil menawan, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Alcacer, dan Paulinho.

Komposisi tersebut membuat Juventus terancam. Apalagi Juventus membawa modal tak nyaman saat menjamu raksasa Spanyol tersebut. Juventus menjamu El Barca bermodal kekalahan 2-3 dari Sampdoria, pada laga lanjutan Liga Italia Serie A 2017-2018, akhir pekan lalu.

Situasi tersebut memberi catatan tersendiri. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mendapat kritik pedas, karena justru menyimpan Gonzalo Higuan dan Paulo Dybala.

Walhasil, Allegri tak ingin mengulangi kesalahan seperti saat bertemu Il Samp. Trisula lini depan, Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, Juan Cuadrado atau Mario Mandzukic, menjadi senjata andalan guna mengancam komposisi Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Semedo.

Catatan khusus tertuju pada Gonzalo Higuain. Bomber berkebangsaan Argentina tersebut sedang tampil bagus. El Pipita selalu mencetak gol pada lima pertandingan terakhir di seluruh kompetisi dengan total enam gol.

Gelandang Juventus, Douglas Costa, yakin La Vecchia Signora bisa membalas kekalahan 0-3 pada pertemuan pertama di markas Barcelona.

"Pertarungan ini sangat seru, karena menghadirkan dua tim raksasa Eropa. Bagi kami, Liga Champions sangat spesial, dan mengangkat trofi juara menjadi hal istimewa," katanya, di laman resmi Juventus.

Saat ini, Barcelona berada di puncak klasemen sementara Grup D dengan koleksi 10 poin. Juventus berada di belakang Los Azulgrana dengan selisih tiga poin.

 

5 dari 5 halaman

Prakiraan Pemain dan Statistik

Prakiraan Pemain:

Juventus: Buffon; Sandro, Chiellini, Barzagli, Sciglio; Matuidi, Pjanic: Costa, Dybala, Cuadrado; Higuaín

Barcelona: Stegen; Alba, Umtiti, Piqué, Semedo; Iniesta, Busquets, Paulinho, Alcácer; Messi, Suárez

Head to Head

12/9/2017 Barcelona 3 - 0 Juventus (Liga Champions)

22/7/2017 Juventus 1 - 2 Barcelona (ICC)

19/4/2017 Barcelona 0 - 0 Juventus (Liga Champions)

11/4/2017 Juventus 3 - 0 Barcelona (Liga Champions)

6/6/2015 Juventus 1 - 3 Barcelona (Liga Champions)

22/4/2003 Barcelona 1 - 2 Juventus (Liga Champions)

5 Pertandingan Terakhir Juventus

26/10/2017 Juventus 4 - 1 SPAL (Serie A)

28/10/2017 AC Milan 0 - 2 Juventus (Serie A)

1/11/2017 Sporting CP 1 - 1 Juventus (Liga Champions)

5/11/2017 Juventus 2 - 1 Benevento (Serie A)

19/11/2017 Sampdoria 3 - 2 Juventus (Serie A)

5 Pertandingan Terakhir Barcelona

25/10/2017 Real Murcia 0 - 3 Barcelona (Copa del Rey)

29/10/2017 Athletic Club 0 - 2 Barcelona (La Liga)

1/11/2017 Olympiakos Piraeus 0 - 0 Barcelona (Liga Champions)

5/11/2017 Barcelona 2 - 1 Sevilla (La Liga)

18/11/2017 Leganés 0 - 3 Barcelona (La Liga)

Sumber: Berbagai sumber

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.