Sukses

Asian Games 2018: Palembang Sulap Rawa Jadi Kota Olahraga

Selain Jakarta, kota Palembang juga akan menjadi arena bagi Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Selain ibu kota Jakarta, Asian Games 2018 juga akan berlangsung di Palembang. Menurut Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, kota Palembang akan tampak berbeda dan mempunyai banyak inovasi selama ajang multievent empat tahunan itu berlangsung.

Alex memaparkan, seluruh persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 mulai dari kesiapan venue hingga infrastruktur di Kota Palembang hampir selesai. Untuk urusan fasilitas olahraga, Alex menegaskan Palembang telah memiliki fasilitas olahraga berskala internasional yang terintegrasi di dalam satu kawasan bernama Jakabaring Sport City (JSC).

"Sejak 2011 hingga 2017, sudah 39 kali sport event kita selenggarakan, mulai tingkat Asia Pasifik dan dunia. Antara lain Islamic Solidarity Games tahun 2013, Asian University Games 2014 hingga nanti Asian Games 2018," ujar Alex, Rabu (22/11/2017).

Alex melanjutkan, hanya dalam kurun waktu 11 bulan, di tengah waktu persiapan yang singkat, kucuran dana yang belum jelas, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berhasil menyulap daerah rawa-rawa di kawasan Jakabaring menjadi JSC yang berskala internasional.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruang Makan 24 Jam

Nantinya, JSC akan diwarnai dengan kehadiran mobil elektrik dan mobil hidrogen. Dua jenis kendaraan ini adalah satu-satunya transportasi yang diperbolehkan untuk mengangkut atlet dan official Asian Games 2018 selama berada di kompleks JSC.

Di dalam kompleks JSC sendiri selain venue olahraga, dilengkapi juga dining hall yang buka 24 jam serta tempat tinggal atlet dan tempat bertanding atau berlatih yang saling terintegrasi sehingga atlet akan merasakan kenyamanan seperti berada di sebuah kota olahraga.

"Mau berlatih atau bertanding cukup berjalan kaki ke venue masing-masing. Tidak ada tempat lain yang lebih nyaman bagi atlet untuk berkompetisi selain JSC, karena terintegrasi semua fasilitasnya di tengah kota," ujar Alex.

 

 

3 dari 3 halaman

Infrastruktur Menunjang

Selain JSC, yang menjadi ikon Asian Games 2018 di Palembang adalah kehadiran Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan JSC. Palembang, menjadi kota pertama di Indonesia, yang memiliki moda transportasi LRT. Alex mengklaim menjadi LRT pertama di dunia yang membelah sungai.

LRT di Palembang memang sengaja di bangun untuk menopang penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai sarana angkutan massal bagi kontingen dari berbagai Negara dari bandara menuju JSC melewati sungai Musi.

"Kami (Sumsel) yang pertama punya (LRT), untuk mendukung transportasi olahraga Asian Games dan setelahnya. Nantinya setiap official atau kontingen yang hadir, begitu mendarat, keluar bandara, naik escalator menuju stasiun pertama LRT, lalu melewati 13 stasiun menuju Jakabaring Sport City," papar Alex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.