Sukses

Infrastruktur Asian Games Akan Rampung Desember 2017

Prasana itu nantinya siap dipakai buat test event sejumlah cabang olahraga Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Semua pekerjaan konstruksi infrastruktur Asian Games 2018 di Jakarta serta Palembang yang ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017. Prasana itu nantinya siap dipakai buat test event sejumlah cabang olahraga untuk pesta olahraga se-Asia itu.

Untuk kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, yang akan menjadi jantung kegiatan Asian Games 2018, renovasi kini sudah 87,27 persen. Sementara di Palembang, renovasi atau pembangunan venue hampir tidak menemui kendala. Pembangunan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan fasilitas arena dayung telah mencapai progres 91,99 persen.

Uji coba kejuaraan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 10-18 Februari 2018 masing-masing untuk cabang panahan, bulu tangkis, atletik, basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, voli, dan angkat besi.

"Saya optimis seluruh pekerjaan di kawasan Gelora Bung Karno akan selesai secara paralel dan siap digunakan untuk test event pada Februari 2018 ," kata Menteri PUPR di Jakarta, Selasa (22/11/2017).

Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Infrastruktur Asian Games 2018 per 21 November 2017, disebutkan bahwa pada akhir November 2017 Stadion Utama Gelora Bung Karno akan rampung dengan progres saat ini sudah 96,62 persen.

Dilanjutkan pada Desember 2017, akan diselesaikan yakni training facility, stadion tenis indoor dan outdoor, stadion madya, softball, gedung basket, dan lapangan Baseball. Sedangkan untuk lapangan hoki, lapangan panahan dan sepak bola ABC, serta stadion renang (aquatic) sudah selesai pembangunannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menata

Di samping venue olahraga, Kementerian PUPR juga menata kawasan di kompleks Gelora Bung Karno.. Penataan dilakukan untuk menciptakan landsekap yang lebih berkualitas menyatu dengan bangunannya.

Sementara di Palembang, pembangunan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan fasilitas arena dayung telah mencapai progres 91,99 persen dan saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan rangka atap tribun serta pengelasan balok lantai 2 menara kontrol. Sedangkan untuk area menembak telah mencapai progres 84,73 persen.

Kementerian PUPR selain merenovasi venue olahraga, juga membangun Wisma Atlet di Kemayoran dan Jakabaring Palembang. Untuk pembangunan Wisma Atlet Kemayoran, Blok C-2 saat ini telah mencapai 99,49 persen dan tengah dilakukan pekerjaan lift service.

Pemasangan rangka besi untuk atap Velodrome oleh tenaga ahli, venue ini berada di Rawamangun, Jakarta Timur, (3/11/2017). Velodrome akan di gunakan untuk Asian Games 2018. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Sementara untuk Blok D-10, progresnya sebesar 99,79 persen dan tengah dilakukan pembersihan entrance bangunan. Untuk Wisma Atlet di Jakabaring, seluruh pekerjaannya telah rampung 100 persen.

Untuk pembangunan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang juga disupervisi Kementerian PUPR, yakni pembangunan Jakarta International Velodrome saat ini progresnya telah mencapai 69,53 persen.

Kemudian pembangunan Jakarta International Equestrian Park dengan progres 89,77 persen serta 10 Gelanggang Olah Raga (GOR), Lapangan Baseball Rawamangun, dan Stadion BMX sudah dimulai pembangunannya sejak 25 Oktober 2017 lalu dan direncanakan selesai pada Maret 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.