Sukses

Mantan Bos AC Milan Komentari Kejatuhan Sepak Bola Italia

Berlusconi memberi contoh AC Milan pada beberapa siklus kejayaannya.

Liputan6.com, Milan - Mantan presiden AC Milan Silvio Berlusconi mengungkapkan pandangannya soal kejatuhan sepak bola Italia. Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 dianggap tanggung jawab banyak pihak, termasuk klub profesional.

Dalam sebuah program radio, Matrix di Radio 105, Berlusconi juga membeberkan peran tim Serie-A yang bergantung pada pemain asing. Kondisi tersebut menurut mantan Perdana Menteri Italia tak patut disalahkan sebagai penyebab keterpurukan tim nasional.

Setelah Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018, FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) mengumumkan kabar pemecatan pelatih Gian Piero Ventura, pada 15 November 2017. Tak sampai sepekan, giliran presiden federasi Carlo Tavecchio yang mengundurkan diri.

"Hengkangnya Tavecchio dan Ventura diperlukan, tapi ada juga masalah lain yang harus diperbaiki. Bagus bagi sepak bola Italia untuk memulai dari nol lagi, tapi Tavecchio dan Ventura bukan satu-satunya masalah," kata Berlusconi dilansir Calciomercato, Rabu (22/11).

Sepak bola Negeri Pizza dikatakan Berlusconi sudah mengalami kemunduran sejak bertahun-tahun lalu. Pemakaian legiun asing di tim-tim besar seharusnya membuat pemain lokal berkembang lebih baik, bukan memberikan dampak buruk secara keseluruhan.

Berlusconi memberi contoh AC Milan pada beberapa siklus kejayaannya. Milan dibeli pengusaha media tersebut pada 1986 dan langsung mendatangkan trio Belanda seperti Frank Rijkaard, Ruud Gullit, dan Marco van Basten.

"Sepak bola Italia telah memburuk dalam beberapa tahun hingga sekarang dan banyak orang harus bertanggung jawab untuk ini. Sebuah kesalahan kalau menyalahkan pemain asing, mereka harus digunakan untuk membantu pemain Italia berkembang.

"Milan? Ya di tim Milan saya, saya memiliki pemain seperti Gullit, Van Basten, Rijkaard, Shevchenko, Kaka, Ibrahimovic bersama jawara Italia seperti Baresi, Costacurta, Tassotti, Maldini, Inzaghi, Gattuso dan lain-lain," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Depan Italia

Berlusconi ingin seluruh pihak cepat bangkit untuk bekerja kembali memperbaiki kegagalan Italia. Dia ingin penggemar timnas melihat Gli Azzurri jadi tim yang dapat dibanggakan di masa depan.

"Ada terlalu banyak cerita di luar sana, yang penting adalah semua orang bekerja bersama-sama. Suporter pantas melihat sisi nasional Italia yang kuat," kata Berlusconi.

"Saya mengatakannya sebagai penggemar tapi juga sebagai pelaku bisnis dan politisi. Berada di luar Piala Dunia 2018 adalah hal yang sangat buruk bagi citra Italia. Ini sangat buruk," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Pencapaian AC Milan Bersama Berlusconi

Scudetto: 8

Coppa Italia: 1

Super Italia: 7

Liga Champions: 5

Piala Super Eropa: 5

Piala Dunia Antarklub: 1

Kejuaraan Intercontinental: 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.