Sukses

Federer Bangga FC Basel Kalahkan MU di Liga Champions

Liputan6.com, Basel - Mantan petenis nomor 1 dunia, Roger Federer, ikut merayakan kemenangan mengejutkan klub Swiss FC Basel atas Manchester United (MU) di babak penyisihan Grup A Liga Champions. Basel menang dengan skor tipis 1-0 pada Rabu (22/11/2017) atau Kamis dini hari WIB dan membuat mereka punya peluang lolos ke babak 16 besar.

Gol semata wayang dalam pertandingan ini dicetak Michael Lang pada menit ke-89. Sementara kartu kuning satu-satunya dalam matchday kelima penyisihan grup Liga Champions tersebut didapat bek MU Matteo Darmian.

Kekalahan Setan Merah ini menjadi yang pertama di babak penyisihan grup A. Oleh karena ini, juara Grand Slam 19 kali asal Swiss, Roger Federer tak bisa mengekspresikan momen tersebut dengan kata-kata.

"Kata-kata tidak mungkin menggambarkan momen yang luar biasa untuk klub ini, wow! Selamat kepada tim," tulis Federer di akun Twitter-nya.

MU tetap bertengger sebagai pemuncak klasemen Grup A. Namun, mereka belum dapat memastikan tiket lolos ke fase gugur karena koleksi poin mereka, 12 poin, terancam disamai dua tim di bawahnya, Basel dan CSKA Moskow.

Dalam laga penutup atau matchday keenam nanti, MU akan menjamu CSKA Moskow di Old Trafford, Selasa (6/12/2017) atau Rabu dini hari. Di waktu yang bersaman, Benfica akan menantang FC Basel di Lisabon.

1 dari 3 halaman

Tumbuh jadi Fans

Federer lahir di Basel, Swiss, pada 8 Agustus 1981. Ayahnya, Robert Federer, adalah orang keturunan Swiss-Jerman dan ibunya, Lynette Durand, berasal dari Kempton Park, Gauteng, Afrika Selatan.

Ia tumbuh sebagai pendukung FC Basel dan tim nasional Swiss. Selain tenis, Federer juga diajarkan sejak masih kecil olahraga yang berfokus pada gerakan tangan seperti bulu tangkis dan bola basket.

2 dari 3 halaman

Kehidupan Pribadi

Federer menikah dengan mantan petenis Miroslava "Mirka" Vavrinec. Dia bertemu dengannya saat membela Swiss di Olimpiade Sydney pada 2000.

Miroslava Vavrinec pensiun dari tenis pada 2002 karena cedera kaki tujuh tahun sebelum dia menikahi Federer. Mereka menikah di Wenkenhof Villa di Riehen dekat, Basel pada 11 April 2009. Keduanya hanya mengundang sekelompok kecil teman dekat dan keluarga.