Sukses

Yang Perlu Diketahui dari Guyana, Calon Lawan Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Nama Guyana menjadi perhatian bagi pencinta sepak bola tanah air. Mereka akan menjadi lawan uji coba bagi Timnas Indonesia, besok (25/11/2017).

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat. Lalu, dari mana kah sesungguhnya Guyana berasal hingga dipilih menjadi lawan uji coba untuk Timnas Indonesia?

Untuk lokasi, Guyana terletak di pesisir utara Amerika Selatan. Menariknya, Guyana tergabung di Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, tengah, dan Karibia (Concacaf), bukan Konfederasi Amerika Selatan (Conmebol)

Seperti dilansir Wikipedia, Federasi Sepak Bola Guyana (GFF) resmi berdiri pada 1902. Di lapangan hijau, bila Timnas Indonesia dijuluki Tim Garuda, Timnas Guyana mendapat julukan Golden Jaguars. 

Mereka resmi menjadi anggota FIFA pada 1968. Laga pertama mereka terjadi pada 21 Juli 1905 melawan Trinidad dan Tobago, di mana Guyana kalah 1-4.

1 dari 3 halaman

Dua Uji Coba

Selama 2017, Guyana hanya dua kali menjalani pertandingan internasional. Yang pertama kalah 0-1 dari Grenada pada 7 Oktober 2017, lalu imbang 1-1 kontra Trinidad dan Tobago pada 14 November 2017.

Dalam lawatannya ke Tanah Air, Timnas Guyana membawa 19 pemain. Ke-19 pemain tersebut mayoritas bermain di luar negeri. Hanya tujuh pemain yang bermain bagi tim lokal di Liga Guyana.

Meski bukan tergolong tim kuat di kawasan Amerika, beberapa pemain timnas Guyana tetap harus diwaspadai. Tiga di antaranya antara lain Daniel Jodah, Brandon Bereshford, dan Anthony Abrams. Guyana dilatih Wayne Dover. 

Daniel Jodah merupakan bomber klub asal Kanada, Sigma FC. Dari 15 kali main, bomber berusia 22 tahun ini mencetak 4 gol dari 15 kali main.

Selanjutnya, ada nama Brandon Bersehford. Saat ini, Bereshford bermain bagi klub asal Amerika Serikat, Rochester Rhinos. Bereshford pernah mengecap sukses bersama Michigan Bucks dengan menjuarai kejuaraan usia muda, Premier Development League pada 2014.

Terakhir ada nama Anthony Abrams. Di timnas Guyana, Abrams sudah cukup senior. Pemain yang memperkuat Fruta Conquerors di Liga Guyana ini telah berusia 38 tahun. Di timnas, Abrams telah tampil 55 kali dan mencetak 13 gol.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemain Guyana

Daftar Pemain Guyana:

Kiper: Akel Clarke (North East Star FC/Trinidad dan Tobago), Andrew Durant (San Juan Jabloteh FC/Trinidad dan Tobago)

Belakang: Christopher Bourne (Islington Admiral United FC/Inggris), Jake Newton (Walton & Hersham FC/Inggris), Jelani Smith (Sigma FC/Kanada), Jeremy Garett (Fruta Conquerors FC/Guyana), Cecil Jackman (Fruta Conquerors FC/Guyana)

Tengah: Dwain Jacobs (Police FC/Guyana), Brandon Beresford (Rochester Rhinos FC/Amerika Serikat), Anthony Benfield (S.V. Nishan 42/Suriname), Daniel Wilson (S.V. Nishan 42/Suriname), Trayon Bobb (Uitvulgt FC/Guyana), Curtez Kellman (Georgetown FC/Guyana), Denzil Fordyce (Milercok FC/Guyana)

Depan: Shaquille Agard (Durham United FC/Kanada), Kelsey Benjami (Caledonia/Trinidad dan Tobago), Devonte Small (Reynir FC/Islandia), Daniel Jodah (Sigma FC/Islandia), Anthony Abrams (Fruta Conquerors FC/Guyana)

Artikel Selanjutnya
Bek Timnas Indonesia U-19 Kantongi Kekuatan Myanmar
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia Senior Masih Dapat Kepercayaan Luis Milla