Sukses

Siklus Berputar, Waktunya Liga Inggris Berjaya di Eropa

Liga Inggris berusaha kembali menjuarai Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki lima wakil, Liga Inggris dalam posisi terbaik untuk kembali merajai Eropa. Kesempatan semakin besar melihat kesulitan beberapa tim raksasa pada Liga Champions musim ini.

Seluruh wakil Liga Inggris memimpin klasemen sementara di fase grup, dengan tiga di antaranya memastikan tiket 16 besar. Mereka adalah Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Manchester United (MU) segera menyusul. Pasukan Jose Mourinho itu akan tetap lolos walau maksimal kalah selisih dua gol pada laga terakhir melawan CSKA Moscow, 5 Desember mendatang.

Liverpool juga dalam posisi kuat walau pertahanan sangat rapuh. The Reds cukup bermain imbang kontra Spartak Moscow untuk mengamankan tiket di perdelapan final.

"Kami punya lima tim yang tampil bagus di fase grup," ujar mantan gelandang Chelsea, Frank Lampard, dilansir Soccerway.

"Beberapa tahun terakhir menjadi periode sulit bagi tim Liga Inggris. Saya pikir, baru sekarang kita akan melihat kekuatan mereka," ucap juara Liga Champions 2012 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periode Keemasan

Inggris tercatat menorehkan periode keemasan sekitar satu dekade lalu. Terhitung pada 2006/2007 hingga 2008/2009, mereka sukses mengirim tiga tim ke semifinal. Puncaknya terjadi pada 2007/2008 dengan menciptakan all-English final dan MU keluar sebagai juara.

Tottenham Hotspur mengamankan posisi juara Grup H. (AFP/John Macdougall)

Setelah itu, Inggris tidak lagi diwakili banyak tim di putaran-putaran akhir kompetisi. Maksimal hanya satu tim lolos ke sana. Salah satunya, Chelsea, sukses memenangi edisi 2011/2012.

Nestapa kemudian menggelayuti kinerja Inggris. Pada 2012/2013 hingga 2016/2017, hanya dua tim yang mampu melaju ke semifinal. Mereka adalah Chelsea (2013/2014) dan Manchester City (2015/2016).

3 dari 3 halaman

Performa Saat Ini

Peluang tim Liga Inggris kembali ke masa kejayaan terbuka melihat kinerja praa rival. Salah satunya bahkan memanfaatkan hal itu untuk memuncaki grup. Tim yang dimaksud tidak lain Tottenham Hotspur.

Setelah kalah agregat 0-5 dari Real Madrid pada 8 besar Liga Champions 2010/2011, Spurs tidak terkalahkan dari dua laga Grup H. Mereka bermain 1-1 di Santiago Bernabeu sebelum berjaya 3-1 pada laga di kandang.

Barcelona makin menunjukkan ketergantungan terhadap Lionel Messi. Bayern Munchen sudah memecat pelatih dan kembali ke masa lalu dengan menunjuk Ottmar Hizfeld. Sementara, lini belakang Juventus tidak terlihat setangguh biasanya.

Terbilang hanya Paris Saint-Germain yang impresif. Lini depan mereka begitu menakutkan menyusul pembelian Neymar dan Kylian Mbappe.

Tentu, kinerja para tim ini tidak berarti apa-apa karena kompetisi sesungguhnya baru bergulir pada Februari tahun depan, ketika babak 16 besar dimulai. Di sinilah alasan mengapa Liga Inggris tidak boleh lekas puas dan terus mengembangkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Formasi