Sukses

5 Pesepak Bola yang Suka Melawan Hukum

5 pemain sepak bola ini pernah bermasalah dengan hukum gara-gara ulah kontroversial.

Liputan6.com, Jakarta - Risiko menjadi pesepak bola terkenal adalah sorotan tajam dari semua khalayak. Sedikit saja bikin hal aneh, mereka dicap sebagai pemain kontroversial.

Ingat Rafael Benitez di Chelsea? Padahal dia cukup sukses di sana. Namun, Benitez dibenci karena pernah menjelek-jelekkan The Blues sewaktu bersama Liverpool.

Komentarnya itu membuat dia dicap sebagai manajer kontroversi. Nah, bagaimana kalau situasi itu terjadi pada pemain sepak bola?

Beberapa pesepak bola bintang pernah terperosok dalam kontroersi selama perjalanan kariernya. Si pemain mendapat masalah dengan media dan hukum.

Berikut 5 pemain sepak bola paling kontroversial di dunia dikutip dari Sportskeeda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Franck Ribery

Pemain Prancis ini merupakan seorang Muslim yang taat dan dipuji karena ketaatannya kepada agama. Salah satu contohnya, dia selalu ogah berpesta bir saat Bayern Muenchen juara.

Namun, kecenderungan Ribery untuk pesta pora sudah terkenal. Dia bahkan terkenal pernah melanggar pasal ketertiban saat ada laporan pada 2010. Dia diangap memaksa seorang wanita untuk bermalam dengannya di sebuah klub malam di Paris.

Masalahnya menjadi lebih buruk ketika terungkap bahwa Zahia Dehar, si wanita itu masih di bawah umur. Ribery mengeluarkan permintaan maaf secara umum dan mengaku tidur bersama Dehar tanpa mengetahui berapa umurnya.

3 dari 6 halaman

4. Joey Barton

Joey Barton adalah salah satu individu yang paling tidak disukai dalam sejarah Liga Inggris karena betapa agresifnya di lapangan. Dikenal karena masalahnya dan di luar lapangan, Barton telah mendapatkan reputasinya sebagai pemain keras sepak bola Inggris.

Daftar pelanggarannya segudang. Dia pernah meninju Morton Gamst Pedersen dari Blackburn Rovers, hampir mematahkan kaki Xabi Alonso, atau pelanggaran di lapangan termasuk menghentikan rokok di mata rekan setimnya.

Di luar lapangan? Barton pernah terkena masalah hukum setelah mematikan cerutunya di mata seseorang pada pesta Natal 2004. Dia juga pernah menyerang pendukung Everton yang masih berusia 15 tahun, dan dua contoh itu sudah bisa menyimpulkan betapa kontroversialnya pemain satu ini.

4 dari 6 halaman

3. Wayne Rooney

Wayne Rooney dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. Dia dihormati oleh fans United, tapi kehidupan pribadinya sering diliputi kontroversi.

Rooney telah terlibat dalam beberapa tuntutan hukum, salah satunya karena menyerang kekasihnya Coleen di sebuah klub malam. Dia menggugat Sun and News of The World karena fitnah.

Striker Inggris tersebut menikahi Coleen Rooney pada 2008. Namun, sejak saat itu pernikahan tersebut telah dinodai oleh perselingkuhan dalam banyak kesempatan. Pada tahun 2010, seorang gadis panggilan bernama Jennifer Thompson mengajukan tuntutan bahwa Rooney tidur dengannya sementara istrinya hamil empat bulan.

5 dari 6 halaman

2. Mario Balotelli

Pemain ini memang selalu diselimuti kontroversi. Balotellidianggap sebagai anak nakal sepak bola. Maka itu, bukan sebuah hal yang tabu kalau dia sering tertangkap merokok.

Pemain Italia ini bahkan pernah tertangkap mengisap rokok di toilet kereta. Ini terjadi saat perjalanan dari AC Milan ke Florence saat melawan Fiorentina.

Sementara di Man City, Mancini merespons Balotelli dengan pasrah, "Jika dia merokok 10 batang sehari dan mencetak dua gol tiap pertandingan, itu tak lagi masalah," sebut Mancini kala itu.

Balotelli juga pernah terlibat dalam serangkaian insiden. Reputasinya, mungkin, paling ternoda oleh sebuah insiden yang terjadi pada tahun 2012, saat mantan pacarnya Raffaella Fico mengklaim bahwa dia hamil anak Balotelli.

6 dari 6 halaman

1. Karim Benzema

Karim Benzema merupakan salah satu striker terbaik dunia, dan telah sangat sukses bersama Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kariernya telah tergelincir oleh skandal dan kontroversi dalam beberapa tahun terakhir dan dia belum bermain untuk tim nasional Prancis lagi sejak 2015.

Benzema ditangkap pada 4 November 2015 atas tuduhan memainkan peran dalam memeras rekan senegaranya, Mathieu Valbuena. Benzema dilaporkan meyakinkan Valbuena untuk membayar sekelompok orang yang mengancam guna membocorkan rekaman seks gelandang Lyon tersebut.

Striker Prancis itu juga terlibat dalam kasus bersama Franck Ribery yang tidur dengan gadis di bawah umur Zahia Dehar. Kasus tersebut merupakan masalah paling puncak bagi Benzema.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.