Sukses

Kejuaraan Golf Junior Jadi Pemanasan Asian Games 2018

Kejuaraan Golf Junior Internasional bakal digelar di Jakarta pada 19-21 Desember 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan golf junior Internasional bertajuk Tabungan BRI Junio Pondok Indah International Junior Championship bakal segera digelar di Jakarta pada 19 hingga 21 Desember 2017. Kejuaraan golf internasional ini bakal menggunakan dua lapangan golf representatif di Jakarta yaitu Pondok Indah Golf Course dan Senayan National Golf.

Ada beberapa kelompok yang dikategorikan dalam grup A sampai F yang akan mengikuti kejuaraan ini. 168 peserta dari 15 negara akan ikut serta, dimana 101 atlet diantaranya berasal dari Indonesia.

14 negara lain yang turut meramaikan Kejuaraan Golf Junior Internasional ini yaitu Australia, Irlandia, india, Finlandia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Bangladesh, Srilanka, Taiwan, Korea Selatan, Swedia dan Prancis.

Beberapa negara dari Asia akan menjadikan ajang ini pemanasan jelang Asian Games 2018. Apalagi, venue untuk olahraga golf pada Asian Games 2018 yaitu Pondok Indah Golf.

"Tahun depan, Pondok Indah Golf jadi tuan rumah Asian Games 2018. Negara-negara yang ikut melihat turnamen ini jadi ajang latihan yang baik bagi atlet-atlet mereka sebelum tampil di Asian Games. Ini sinyal yang baik karena negara-negara itu serius menatap kejuaraan ini," kata Ketua Panitia, Ronny Titiheruw.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipisah

Pada kejuaraan nanti, pemain berusia 7 hingga 10 tahun (kelas pemula) bakal tampil di Senayan National Golf. Untuk mengakomodasi belum terbiasanya pemain pemula, jumlah par di Senayan National Golf yang berjumlah 69 akan disesuaikan menjadi 72.

Tees (penyangga bola golf) juga akan terdiri dari dua warna yaitu kuning dan pink. "Ini baru pertama kali diterapkan. Ini sesuai dengan peraturan dan standar internasional USGA Manual," kata Tournament Director, Avy Utomo.

Dia juga mengatakan persaingan di kejuaraan nanti bakal sengit. Itu karena juara SEA Games 2017 dan Putra Cup, Kusuke Hamamoto asal Thailand bakal ikut kejuaraan.

"Ini kesempatan bagi atlet Indonesia untuk melawan pegolf-pegolf kuat. Indonesia berpeluang untuk menang," ujar Avy.

Pegolf yang ikut kejuaraan ini juga tidak sembarangan. Untuk kelas A sampai C, pegolf yang ikut harus memenuhi batas atas dari USGA Handicap Index. "Ini bukan ajang coba-coba atau main-main jadi harus serius," katanya.

3 dari 3 halaman

Dukungan BRI

Sementara itu, sponsor kejuaraan, BRI sangat mendukung kejuaraan golf internasional yang melibatkan pegolf usia dini. Menurut Executive Vice Presiden Bank BRI, Andik Hidayati, ini sudah sesuai dengan fungsi BRI yang ingin turut membangun Indonesia.

"Kami berharap dengan mendukung kejuaraan ini bisa semakin memasyarakatkan olahraga golf dan sekaligus membantu cari bibit-bibit baru pegolf berprestasi sejak usia dini. Semoga olahraga ini bisa menjadi salah satu ajang yang bisa mengangkat prestasi Indonesia," ujarnya.

BRI juga akan menggelar coaching clinic untuk nasabah yang ikut tabungan Junio. Berikut ini beberapa kelas dan kategori umur di Kejuaraan Golf Junior Internasional:

Boys/ Putra:

Kelas A - E:

A: 15-18 tahun

B: 13-14

C: 11-12

D: 9-10

E: 8-9

F: Usia 7 Tahun

 

Girls/ Putri :

A: 14-18 tahun

B: 12-13

C: 11-12

D: 9-10

E: usia 8 tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.