Sukses

Firman Utina Resmi Gantung Sepatu

Firman Utina telah mengantongi lisensi kepelatihan level C AFC.

Liputan6.com, Tangerang - Satu lagi mantan pemain Timnas Indonesia yang memutuskan pensiun pada tahun 2017 ini setelah Ponaryo Astaman. Gelandang tengah Bhayangkara FC Firman Utina resmi gantung sepatu setelah membawa klubnya juara Liga 1.

Firman Utina mengawali karier sebagai pemain profesional Persma Manado musim 1999/2000. Hanya semusim membela klub kota kelahirannya, dia hijrah ke Tangerang untuk bermain bersama Persita di bawah asuhan pelatih Benny Dollo.

Sejak tahun 2005 hingga pensiun, dia telah mencicipi berbagai gelar dengan klub-klub besar di Indonesia seperti Arema Malang, Pelita Jaya, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, hingga Persib Bandung. Terakhir, dia mengangkat gelar juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara FC meski tak banyak berkontribusi.

"Alhamdulillah karier saya di sepak bola sudah saya kalenderkan. Setelah jadi pemain saya ingin ambil lisensi pelatih, lalu setelah itu saya mengembangkan sepak bola usia dini. Akhirnya cita-cita saya terwujud," ucap Firman di sela-sela acara turnamen usia dini Firman Utina Cup 2017, Sabtu (25/11) di Lapangan Lapas Pemuda, Tangerang.

Pemain 35 tahun tersebut merasa telah cukup mendapatkan banyak pengalaman sebagai pemain. Apalagi dia sempat jadi andalan di Timnas Indonesia dalam beberapa ajang internasional.

Firman Utina merupakan alumni Piala Pelajar Asia U-19 pada 2000 silam. Setelah itu dia berturut-turut dipanggil Timnas Indonesia untuk dua edisi SEA Games, sekali Pra Piala Asia, Piala Asia, empat kali Piala AFF, dan Pra-Olimpiade.

"Saya akan fokus di usia dini karena sudah cukup Allah memberikan pengalaman untuk saya sebagai pemain. Saya ingin berterima pada semua klub yang saya bisa bermain di sana," tutur suami dari Marita Yustika ini.

"Saya ingin berterima kasih karena mereka lah saya bisa ke tim nasional dan saya bisa seperti sekarang ini."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lisensi C AFC

Firman Utina telah mengantongi lisensi kepelatihan level C AFC. Sejak setahun belakangan pula dia sibuk membina sekolah sepak bola (SSB) miliknya di Tangerang, Firman Utina, SSB FU15 Bina Sentra.

"Kenapa saya ingin fokus ke sini, karena usia dini adalah hal yang penting untuk sepak bola kita. Saya rasakan di tiap pertandingan masih banyak kekurangan dari pemain senior karena saat latihan di usia muda tidak diorganisasikan dengan baik," ucap Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.