Sukses

Seniman Spanyol Bikin Patung Ronaldo, Hasilnya Mirip atau Tidak?

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat patung Cristiano Ronaldo yang berada di kampung halamannya, Madeira? Karya seni bikinan seniman Emanuel Santos itu pernah mencuri perhatian dunia. Namun bukan untuk pujian, melainkan cemoohan karena dianggap sama sekali tidak mirip CR7. 

Pengalaman buruk ini ternyata tidak membuat seniman lain, Jose Antonio Navarro Arteaga trauma. Pria berusia 52 tahun itu justru nekat membuat patung  Ronaldo

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Arteaga juga menggunakan bahan yang sama, yakni perunggu. Patung mantan pemain Manchester United (MU) memiliki tinggi 35 inchi atau 88,9 cm. 

Arteaga menolak membeberkan biaya yang dikeluarkan membuat patung itu. Namun dia mengatakan telah menghabiskan hampir setengah biaya pembuatan patung bangsawan Spanyol yang meninggal 2014 lalu. Dalam pengerjaan patung wanita yang lebih kaya dari Ratu Elizabeth itu, Arteaga menghabiskan 90 juta pound sterling atau sekitar Rp1,6 Miliar. 

Sayang, Cristiano Ronaldo tidak bisa hadir meresmikan patung tersebut. Sebagai gantinya, mantan pemain Real Madrid, Emilio Butragueno bersedia datang di acara pembukaan.

 

1 dari 3 halaman

Hasilnya?

Tentu saja banyak yang penasaran dengan karya Arteaga. Lantas bagaimana hasilnya? 

Patung bikinan Arteaga jauh lebih mirip dengan Ronaldo ketimbang karya Emanuel Santos. Berbeda dengan patung di Madeira, raut wajah CR7 pada patung Arteaga tampak lebih serius. Sedangkan pada bagian kepala tampak rambut Ronlaldo lebih tertata. 

"Dalam pengerjaan (patung Ronaldo) saya menggunakan beberapa foro Cristiano Ronaldo," katanya. "Apa yang saya inginkan adalah merefleksikan kekuatan dalam dirinya saat dia mempersiapkan tendangan bebas atau sudut," kata pria kelahiran Sevilla tersebut. 

 

2 dari 3 halaman

Mendapat Pujian, tapi...

Patung buatan Arteaga mendapat banyak pujian dari para penggemar Ronlado. Lewat media sosial mereka mengungkapkan perasaannya usai melihat karya seni Arteaga tersebut. 

"Benar-benar sebuah hasil kerja yang luar biasa. Ini benar-benar karya seni," kata suporter Real Madrid, Sergio Gonzalez lewat akun Twitter-nya. 

Suporter Real Madrid lainnya, Jose Rodriguez, juga berpendapat tak jauh berbeda. "Akhirnya patung benar-benar mirip Ronaldo. Yang sebelumnya benar-benar bencana," katanya. 

Meski demikian, Rodriguez tetap 'nyinyir'. "Yang ini benar-benar bagus dan yang sebelumnya bencana. Yang ini membuatnya sedikit terlihat lebih tampan dari tampang asli Ronaldo.

 

Artikel Selanjutnya
7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia
Artikel Selanjutnya
Pacar Ronaldo Hapus Sebagian Foto Seksi dari Medsos, Ada Apa?