Sukses

Messi Selalu Setia dengan Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Semua spekulasi soal masa depan Lionel Messi akhirnya berakhir. Pada Sabtu (25/11/2017), Messi dengan wajah penuh senyuman memperlihatkan momen saat dirinya meneken kontrak baru di Barcelona.

Dia didampingi Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu di momen istimewa itu. Bartomeu secara khusus memenuhi janjinya kepada fans Barcelona. Dua bulan lalu dia sempat berjanji, Messi bakal tanda tangani kontrak sebelum akhir tahun dan itu benar-benar terjadi.

Messi diganjar empat tahun kontrak baru hingga 2021. Dia pun dipagari dengan klausul kontrak fantastis sebesar 700 juta euro (Rp 11,3 Triliun). Nilai sebesar ini bisa membangun fasilitas Light Rapid Transport (LRT) di Palembang. Tak cukup itu, dia juga mendapatkan bonus $59,6 juta (Rp 805 Miliar) untuk perpanjangan kontrak barunya.

Messi pantas mendapatkan kontrak baru. Dia pun pantas digaji mahal, meski belum diungkapkan berapa gaji yang akan didapatkan Messi. Rumor menyebut, dia akan mendapatkan gaji sebesar 559 ribu euro (Rp 9 Miliar) per pekan! Musim lalu, dia baru mendapatkan gaji 42 juta euro per musim.

Itulah bayaran untuk pemain yang loyal seperti Messi. Besar dan jadi terkenal di Barcelona, Messi seakan sulit pisah dengan klub asal Catalonia ini. Dia sudah menjadi ikon yang sulit berganti kostum meskipun dibujuk dengan uang yang banyak.

Messi sebenarnya sudah ucapkan komitmen memperpanjang kontrak sejak Juli lalu. Namun karena belum resmi, rumor yang menyertai Messi terus bermunculan. Manchester City dikabarkan menjadi klub yang paling gencar punya niat datangkan Messi.

Kini itu semua sudah terpatahkan dengan kabar perpanjangan kontrak Messi. Media di Catalonia menyebut Messi bakal selalu menjadi cule, alias fans Barcelona selamanya.

"Kami sangat beruntung memiliki pemain-pemain hebat di Barcelona dan kami akan terus melanjutkan untuk mencatatkan pemain terbaik di sejarah sepak bola," kata Bartomeu.

 

 

1 dari 3 halaman

Tergantung Messi

Disukai atau tidak, prestasi Barcelona sejak 2004 hingga sekarang terdongkrak dengan keberadaan Messi. La Pulga menjadi elemen tak terpisahkan untuk sederet trofi yang didapatkan Barcelona di lemari trofi mereka.

Barcelona, suka atau tidak, harus menerima jika disebut sangat tergantung dengan Messi. Tanpa gol dari bintang asal Argentina ini, Barcelona tentu tak akan berprestasi seperti sekarang, meski tentu tak menampik peran pemain lain yang turut menyumbang tenaga atas prestasi yang diraih Barcelona.

"Tujuannya adalah untuk terus mencapai target dan membuat sejarah. Kami cukup beruntung dapat memenangkan banyak hal luar biasa dan saya berharap akan ada lagi di masa depan," ujar Messi.

"Saya senang dapat terus bersama klub ini, yang merupakan rumah saya. Impian saya adalah menyelesaikan karier di Barcelona," tegas Messi seperti dikutip dari Sportsmole.

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Jordi Alba ke gawang Valencia pada laga La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Minggu (26/11/2017). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Jose Jordan)

Rumah. Ya, itulah yang dirasakan Messi saat ini. Siapa pun pemain yang datang ke Barcelona, itu tak akan mengubah gaya main klub asal Catalonia ini. Messi akan menjadi roh permainan, sedangkan gaya tiki-taka bakal terus dipertahankan. Tradisi bermain seperti ini yang membuat Messi nyaman di Barcelona.

Selama Messi tak kehilangan gairah untuk memberi yang terbaik dan cetak gol, dia dipastikan akan terus bertahan di Barcelona hingga penghujung kariernya.

"Seperti yang Leo katakan, ia telah menandatangani kontrak baru. Kami semua lebih santai sekarang, kami sudah melihat komitmen yang dia miliki dengan klub," kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dilansir Tribal Football.

2 dari 3 halaman

Bergelimang Trofi

Sejak memulai debut 2004, Messi genap sudah mengoleksi 30 trofi dengan Barcelona. Messi nyaris setiap musim mendapatkan trofi, kecuali di musim 2013/14 saat Barcelona nihil mendapatkan satu trofi.

Rinciannya yaitu 8 trofi La Liga, 4 trofi Liga Champions, 5 trofi Piala Raja, 7 trofi Piala Super Spanyol, 3 trofi Piala Dunia Klub dan 3 kali trofi Piala Super Eropa. Itu torehan Messi secara tim bersama Barcelona.

Sedangkan untuk prestasi individu, Messi sudah 16 kali jadi pichichi atau top scorer di Barcelona pada kompetisi Eropa atau domestik. Lalu, Messi meraih Ballon d'Or lima kali dan pemain terbaik Eropa sebanyak tiga kali.

Pemain Barcelona, Lionel Messi berbaring di lapangan selama lanjutan La Liga Primera Division kontra Valencia di Stadion Mestalla, Minggu (26/11). Valencia memaksa Barcelona meraih hasil imbang 1-1.  (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)

Dengan prestasi seperti ini, Messi seperti sudah mendapatkan segalanya di Barcelona. Tak ada gelar yang belum pernah dirasakannya bersama Barcelona. Jadi, Messi tak mungkin mempertaruhkan keberhasilan ini dengan klub lain.

Messi datang ke Barcelona sebagai pemain remaja dari Newell's Old Boys. Dia debut dengan Barcelona saat melawan Espanyol 2004 lalu.

Debut gol Messi sendiri terjadi saat Barcelona melawan Albace di Mei 2005. Sejak saat itu, Messi terus gelontorkan gol hingga mencapai 523 gol dari 602 pertandingan Barcelona. Berapa gol lagi, Messi?

Ilustrasi gol Messi dan Ronaldo (Liputan6.com/Abdillah)

Artikel Selanjutnya
Alves Sebut Messi Lebih Hebat Ketimbang Ronaldo
Artikel Selanjutnya
Messi Halangi Kepindahan Ozil ke Barcelona