Sukses

Kembali ke Kasta Tertinggi, PSIS Bersiap Tantangan Berat Liga 1

PSIS menjadi tim ketiga yang promosi ke Liga 1 musim depan.

Liputan6.com, Bandung - PSIS Semarang lolos ke Liga 1. Mahesa Jenar, sebutan PSIS, menang 6-4 atas Martapura FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (28/11/2017) dalam perebutan posisi ketiga Liga 2.

Enam gol kemenangan PSIS dicetak Aldaier Makaitindu, Hari Nur Yulianto (tiga gol), dan Andrit Wibawa (dua gol). Sedangkan gol balasan Martapura FC dibuat Rifan Nahumarury (dua gol), Reza Saputra, dan Fahreza Agamal.

Ini menjadi kali pertama dalam delapan tahun PSIS kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Sebelumnya, Mahesa Jenar tampil di Liga Super Indonesia 2009.

"Kita harus syukuri hasil ini. Walau tidak juara, kami senang karena PSIS sudah memenuhi target promosi ke Liga 1," kata pelatih PSIS, Subangkit, usai pertandingan.

Bagi Subangkit, promosinya PSIS menjadi kado terindah untuk ulang tahunnya. Besok, dia akan genap berusia 53 tahun. "Ini menjadi kemenangan yang spesial," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan di Liga 1

Lolosnya Mahesa Jenar disambut bahagia oleh manajer PSIS, Yoyok Sukawi. Pasalnya, PSIS menjadi wakil satu-satunya dari Jawa Tengah di Liga 1 musim depan.

Namun dia mengingatkan, tim asuhan Subangkit itu tak boleh terlena. Mereka harus mempersiapkan diri untuk bersaing di Liga 1 yang waktunya tinggal dua bulan lagi.

Suporter PSIS menyalakan suar saat merayakan kemenangan timnya melawan Martapura FC di Final tempat ketiga Liga 2 Indonesia di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (28/11). PSIS unggul 6-4 dan lolos ke Liga 1 Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Tentu ini menjadi tantangan yang berat buat kami. Pasalnya, saya dengar Liga 1 akan dimulai pada Februari 2018. PSIS harus mempersiapkan diri, karena waktu kita sangat singkat," ujar Yoyok.

"Kami juga harus mempersiapkan biaya untuk Liga 1. Kita sudah habis 6 sampai 7 miliar untuk Liga 2, saya hara kita akan mengeluarkan dua kali lipatnya untuk Liga 1. Saya harus segera berhitung," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.