Sukses

5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi Bersama Barcelona

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi akhirnya memperpanjang masa bakti bersama Barcelona. Kontrak barunya itu membuat dia akan bertahan di klub sampai 2021 dengan klausul jual mencapai 700 juta euro.

Publik sepak bola menantikan aksi-aksi brilian dari pemain yang dijuluki La Pulga itu bersama Blaugrana. Mencetak gol seperti sebuah kesenangan bagi Messi.

Sempat menurun musim lalu, Messi membuktikan kapasitasnya lagi musim ini. Musim 2017-2018 baru berjalan 13 pekan, dia sudah kemas total 15 gol dan lima assist untuk Barcelona di semua kompetisi.

Messi juga kerap memecahkan rekor pribadinya. Nah, dalam jangka waktu empat tahun masa kontrak barunya itu, dia diprediksi akan kembali catatkan rekor.

Ada lima rekor yang mungkin bisa dipecahkan Messi lagi dalam empat tahun ke depan bersama Barcelona. Apa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

5. Peraih Sepatu Emas Terbanyak

Beberapa waktu yang lalu, Messi sukses kembali dapat penghargaan atas sepatu emas keempatnya. Penghargaan itu berkaca pada aksinya musim 2016/17, yang sukses kemas 37 gol di liga.

Penghargaan tersebut tidak hanya sukses samai Cristiano Ronaldo, tapi juga dalam perjalanan untuk mengunggulinya. Musim ini paling berpeluang buat Messi.

Sejauh musim ini, Messi sudah cetak 12 gol. Sedangkan Ronaldo tengah dalam masa penurunan drastis karena hanya kemas 2 gol di La Liga. Messi juga baru berusia 30 tahun dan memiliki beberapa tahun lagi di puncak. Ini memperbesar peluangnya memenangkan Golden Boot kelima (atau bahkan lebih), saat gantung sepatu kelak.

2 dari 6 halaman

4. Jumlah Caps untuk FC Barcelona

Bulan lalu, Messi menyelesaikan 13 tahun masa baktinya di Barcelona FC dan kini akan menatap empat tahun lagi. Jelas hal itu membuatnya bisa saja melampaui mantan rekan setimnya Xavi Hernandez untuk penampilan terbanyak sepanjang masa di klubnya.

Xavi saat ini memegang jumlah caps tertinggi dengan 767 dalam 17 musim, diikuti oleh Andres Iniesta dengan 645. Namun, Iniesta tidak lagi menjadi starter reguler dan berada di tengah senjanya.

Itu membuat Messi punya peluang emas menyalip Xavi. La Pulga saat ini berada di posisi ketiga dalam daftar penampilan sepanjang masa dengan angka 602. Dia rata-rata memiliki 52 penampilan dalam satu musim sejak 2008-09, dan secara matematis pasti akan bisa melampauinya.

3 dari 6 halaman

3. Pemain dengan Jumlah El Pichichi Terbanyak

Messi juga baru saja memenangkan peghargaan El Pichichi keempatnya musim lalu. Seperti disinggung sebelumnya, dia sukses kemas 37 gol dalam 34 penampilan.

Legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra saat ini memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam kompetisi klub utama Spanyol, dengan jumlah 6 El Pichchi atas namanya. Sosok asal Spanyol itu pertama kali memenangkannya pada 1944/45 sampai 46/47, kemudian 1949/50, 50/51 dan 52/53, sebuah catatan yang bertahan bahkan setelah 64 tahun.

Tapi sekarang, rekor itu di bawah ancaman. Messi benar-benar berada di jalur untuk raih El Pichichi kelima musim ini, yang membuat dia hanya memiliki satu angka lagi untuk menyamakan rekor Zarra dan yang kemudian mengungguli.

4 dari 6 halaman

2. Pemain dengan Jumlah Hat-trick Terbanyak di La Liga

Penampilan Cristiano Ronaldo yang istimewa sejak bergabung dengan Real Madrid telah membuatnya berhasil memecahkan rekor untuk jumlah hat-trick terbanyak di La Liga. Dia saat ini memimpin hitungan tersebut dengan 32 kali hat- trick sejak 2009, sementara Messi tetap berada di belakangnya dengan 28 kali.

Kembali lagi, penurunan drastis Ronaldo musim ini bisa dimanfaaykan dengan baik buat Messi. Sebab, jangankan buat hat-trick, Ronaldo saja bru cetak dua gol di La Liga sejauh ini.

Dengan tingkat agresivitas yang masih tinggi, Messi jelas diharapkan mampu menyalip Ronaldo. Apalagi bedanya cuma empat dan itu bisa dimanfaatkan La Pulga musim ini.

5 dari 6 halaman

1. Peraih Gelar Terbanyak untuk Barcelona

Messi saat ini memenangkan 30 trofi bersama Barcelona dalam 13 tahun yang gemilang. Jumlah itu jelas akan kian melejit dalam beberapa tahun ke depan melihat tak ada tanda-tanda menurun darinya.

La Pulga juga masih ada pada usia yang matang, yakni 30 tahun. Dia juga dianggap sebagai pewaris kapten di sama yang mulai mengambil alih musim ini dan seterusnya.

Musim ini saja, Barca berpeluang raih tiga gelar. La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey. Mengapa? Karena El barca belum sama sekali menelan kekalahan di semua ajang sejauh ini.

Saat ini pemegang gelar terbanyak klub adalah Andres Iniesta. Namun, Iniesta sendiri tampaknya sudah memasukki akhir-akhir waktunya di Barca. (Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
'Messi Superior, Tak Bisa Dibandingkan dengan Ronaldo'
Artikel Selanjutnya
Xavi Tegaskan Messi Lebih Hebat dari Ronaldo