Sukses

Pelatih Barcelona Desak Penggunaan VAR di Panggung La Liga

Jakarta - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mendesak pihak La Liga untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) agar kesalahan wasit dalam sebuah pertandingan bisa diminimalisasi.

Desakan Valverde itu berkaca dari hasil 1-1 yang diterima Barcelona ketika melawan Valencia pada laga pekan ke-13 La Liga, di Stadion Mestalla, Senin (27/11/2017) dini hari WIB. Gol yang dicetak Lionel Messi pada menit ke-29, tidak disahkan oleh wasit Ignacio Iglesias.

Keputusan yang merugikan Barcelona itu membuat Valencia semakin leluasa membangun serangan. Tim Kelelawar Hitam pun mampu unggul melalui bola hasil sontekan Rodrigo (60').

Akan tetapi, Barcelona menyamakan kedudukan lewat kreasi Jordi Alba (82'). Gagal meraih kemenangan membuat skuat Valverde hanya bisa mendulang 35 poin, tetapi masih memuncaki klasemen sementara. Mereka unggul empat angka dari Valencia di peringkat kedua.

"Dari posisi sebagai pelatih, saya tidak bisa melihat jika bola itu masuk ke gawang. Namun, saya melihat Messi melakukan selebrasi. Ada sekitar 40.000 ribu orang yang melihat itu adalah gol," kata Messi.

"Konyol jika wasit tidak melihat hal itu dengan jelas dalam pertandingan penting. Setiap tahun selalu ada insiden seperti ini. Menurut saya, aneh jika La Liga tidak menggunakan teknologi. Namun, secara keseluruhan level yang dimiliki wasit sudah bagus di Spanyol," ujar Valverde.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan akan mulai menggunakan VAR pada musim 2018-2019. Situasi itu lantas membuat La Liga mengikuti jejak Premier League dan Serie A yang telah lebih dulu menggunakan teknologi tersebut.

Sumber: Marca

Artikel Selanjutnya
Barcelona: Kami Masih Bisa Juara La Liga
Artikel Selanjutnya
Manuver PSG Membuat Real Madrid Gemetar