Sukses

5 Bintang yang Lama Berkarier di Barcelona

Jakarta - Penyerang tim nasional Argentina, Lionel Messi, resmi memperpanjang masa baktinya di Barcelona pada 25 November 2017. Sang megabintang sepakat untuk meneken kontrak berdurasi hingga 2021.

Perpanjangan kontrak tersebut sekaligus mengakhiri spekulasi masa depan La Pulga. Sebelumnya, Messi dikabarkan berniat hengkang dari Camp Nou karena kecewa dengan kebijakan klub pada bursa transfer musim panas 2017.

Jika berdasarkan durasi kontrak tersebut, Lionel Messi akan berseragam Barcelona hingga berusia 34 tahun. Catatan itu membuat Messi menjadi satu di antara pemain dengan masa bakti terlama di Barcelona.

Lionel Messi mencatatkan debut bersama Barcelona pada musim 2004-2005. Hingga saat ini, pemain kelahiran Rosario, Argentina, tersebut mendulang 523 gol dan 235 assist dari 603 penampilan.

Selain Lionel Messi, terdapat pula beberapa pemain yang betah membela Barcelona. Para pemain tersebut memilih untuk setia dengan panji Loz Azulgrana meski mendapat tawaran selangit dari klub lain.

Berikut ini 5 mantan pemain terlama di Barcelona sejak era 90-an:

Pep Guardiola (1991-2001)

Ketika menangani Barcelona, Pep Guardiola, melarang pemainnya mengendarai mobil sport ke tempat latihan atau pertandingan. Zlatan Ibrahimovic menyindir aturan ini dalam bukunya. (AFP/Oli Scarff)

Pep Guardiola merupakan pemain yang hampir sepanjang kariernya membela Barcelona. Guardiola mencatatkan debutnya ketika Barcelona bersua Cadiz pada 16 Desember 1990.

Guardiola membukukan catatan manis selama berseragam Barcelona. Pria asal Spanyol itu merupakan satu di antara gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki klub asal Catalunya tersebut.

Selama membela Barcelona, Pria yang saat ini menjadi manajer Manchester City tersebut memenangi beberapa gelar bergengsi seperti enam titel La Liga, Liga Europa, hingga dua gelar Piala Liga Spanyol. Guardiola memutuskan hengkang ke brescia pada bursa transfer musim panas 2001.

1 dari 3 halaman

Xavi Hernandez (1998-2015)

Xavi Hernandez memulai jalinan cerita dengan Barcelona pada musim 1991-1992. Ketika itu, ia bermain sebagai bek tengah di Barcelona U12. Tidak menunjukkan perkembangan positif, Xavi digeser menjadi gelandang.

Menurut data, Louis Van Gaal menjadi pelatih pertama yang mempercayakan Xavi untuk bermain pada tahun 1998. Xavi total membela Barcelona selama 17 musim. Hingga saat ini, ia masih memegang rekor sebagai pemain dengan pertandingan terbanyak bersama Barcelona.

Sergi Barjuán Esclusa (1993-2002)

Legenda Barcelona, Sergi Barjuán Esclusa. (Dok.Barcelona).

Lahir di Les Franqueses Del Valles, Catalunya, Sergi merupakan jebolan akademi Barcelona. Pria yang saat ini berusia 45 tahun tersebut menembus skuat utama pada musim 1993-1994.

Sejak musim pertamanya, sang pemain menjelma menjadi sosok tak tergantikan di lini pertahanan Barcelona. Hingga tahun 1999, Sergi selalu mencatatkan penampilan tak kurang dari 31 laga. Setelah Barcelona, Sergi memilih hengkang ke Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2002.

2 dari 3 halaman

Carles Puyol (1999-2014)

Selama karier profesional, Carles Puyol mengabdikan diri di Barcelona. Ia menunjukkan bakat besarnya pada tahun 1995 ketika masih berusia 17 tahun. Setelah itu, sang pemain secara bertahap melangkah ke tim senior.

Puyol harus menunggu hingga musim 2004/2005 untuk merengkuh trofi pertamanya. Sukses tersebut berlanjut hingga ia memutuskan pensiun pada 2014. Meski berposisi sebagai bek, Carles Puyol mendulang 20 gol di berbagai ajang.

Victor Valdes (2002-2014)

Selain sukses di level klub, Valdes juga mampu merengkuh trofi bersama timnas Spanyol, yakni Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. (AFP/Javier Soriano)

Pada masa jayanya, Victor Valdes menjadi momok menakutkan bagi para penyerang lawan. Sang kiper dikenal memiliki kecepatan dan mampu membaca permainan dengan baik.

Valdes dipromosikan dari Barcelona B pada Agustus 2002. Namun, pada musim pertamanya, eks Manchester United tersebut harus bersaing dengan Roberto Bonano sebagai kiper nomor satu Blaugrana.

Menurut data, Valdes menjadi kiper dengan catatan penampilan terbanyak daripada kiper lainnya. Kiper asal Spanyol tersebut mencatatkan 535 pertandingan. Sementara itu, untuk prestasi individu, Valdes menyabet penghargaan kiper terbaik La Liga sebanyak lima kali

Sumber: Berbagai sumber

Artikel Selanjutnya
Gabung MU, Wonderkid Asal Spanyol Mengaku Bangga
Artikel Selanjutnya
Hazard Akui Real Madrid Sebagai Tim Terbaik di Dunia