Sukses

Pelatih Anyar Persib Akan Dibantu Eks Striker Persebaya

Pelatih anyar Persib Roberto Carlos Mario Gomez menunjuk Fernando Gaston Soler sebagai salah satu stafnya.

Liputan6.com, Bandung - Fernando Gaston Soler akan menjadi salah satu staf pelatih Persib Bandung. Ia akan membantu pelatih anyar, Roberto Carlos Mario Gomez, dalam membangun ulang skuat Maung Bandung untuk kompetisi musim 2018 nanti.

Seperti dilansir situs resmi Persib, Kamis (30/11/2017), Soler dipilih langsung Mario Gomez. Selain berasal dari Argentina, dia dipilih karena sudah fasih berbahasa Indonesia dan mulai meniti karier kepelatihan.

Soler dirasa bakal amat membantu Mario Gomez dalam proses adaptasi dengan Persib. Sebab, dia sudah malang melintang di sepak bola Indonesia.

Soler memulai kiprahnya di sepak bola Indonesia sekitar 13 tahun silam dengan membela Persipura Jayapura. Ketika itu masih era Liga Indonesia.

Setelah itu, pemain yang berposisi striker tersebut juga pernah memperkuat sejumlah klub Indonesia lainnya, seperti Persibom Bolaang Mongondow, Persis Solo, Persebaya Surabaya, dan Persiba Balikpapan. Terakhir, Soler bermain untuk Borneo FC pada 2014 lalu.

Karena itu, tak salah jika Gomez memilih langsung Soler untuk mendampinginya di Persib. Diharapkan, pria 39 tahun tersebut menjadi jembatan Gomez dan para pemain Maung Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Essien

Saat ini, Gomez masih berada di Argentina sedang mengurus administrasi untuk datang ke Indonesia. Meski demikian, pelatih 60 tahun itu sudah mengisyaratkan siapa pemain yang akan dipertahankannya.

Pemain Persib Bandung Michael Essien. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Lewat akun Twitter miliknya, Gomez ingin agar manajemen Persib mempertahankan Michael Essien. Eks gelandang Chelsea dan Real Madrid itu merupakan marquee player Maung Bandung pada musim lalu.

"Sekarang Michael Essien akan belajar bagaimana total football," kicau Gomez dalam akun Twitter miliknya.

3 dari 3 halaman

Diperkenalkan

Dipilihnya Gomes sebagai pelatih Persib bukan keputusan sembarangan. Mantan asisten pelatih Valencia dan Inter Milan itu punya nama mentereng usai membawa klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) menjuara Piala AFC 2015. Selain itu, Dia juga pernah menorehkan rekor 70 kali pertandingan tanpa kekalahan sehingga dinilai cocok untuk mengangkat kembali pamor Persib.

Pelatih anyar Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez (kiri). (instagram.com/rcmario_gomez)

Gomez bakal dikontrak dengan durasi dua tahun ditambah perpanjangan satu tahun jika sanggup mengangkat penampilan tim kebanggaan bobotoh itu. Rencananya, sang pelatih diperkenalkan dalam waktu dekat ini.

"Kita persiapkan dua tahun (kontrak), rencana dikenalkan minggu ini," kata Manajer Persib Umuh Muchtar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.