Sukses

5 Laga Final Real Madrid di Desember

Liputan6.com, Madrid - Desember menjadi bulan yang sangat penting bagi Real Madrid. Di bulan ini, Los Blancos akan menghadapi lima pertandingan yang bisa dikategorikan sebagai final.

Dari lima pertandingan, tiga di antaranya bakal dilakoni Real Madrid di Liga Spanyol. Sementara dua laga lainnya dalam ajang Piala Dunia Antarklub yang berlangsung di Abu Dhabi, asalkan Los Blancos lolos ke final.

Athletic Bilbao akan menjadi lawan pertama pasukan Zinedine Zidane di Desember. Laga ini akan berlangsung di Estadio San Memes, Sabtu (2/12/2017) malam waktu setempat.

Bermain di kandang Bilbao, Real Madrid punya catatan tidak bagus. Dari empat kunjungan terakir, Sergio Ramos dan kolega hanya membawa pulang tujuh poin dari kemungkinan 12.

Usai menghadapi Bilbao, klub raksasa Spanyol ini bakal menjamu Borussia Dortmund pada match day keenam Grup H Liga Champions, 6 Desember 2017. Laga ini tidak lagi menentukan karena Madrid sudah lolos ke babak 16 besar. Dengan begitu, Zidane kemungkinan akan mengistirahatkan sejumlah pemain bintangnya.

Kembali ke Liga Spanyol, Real Madrid akan melawan Sevilla tiga hari kemudian di Santiago Bernabeu. Musim lalu, sang juara bertahan menang 4-1 di laga kandang. Kemenangan itu sekaligus membalas kekalahan 1-2 dari Sevilla setelah klub Andalusia itu mengakhiri 40 pertandingan tak pernah menang atas Madrid.

1 dari 3 halaman

Piala Dunia Antarklub

Memasuki pekan ketiga atau tepatnya 14 Desember, Real Madrid akan bermain di laga semifinal Piala Dunia Antarklub. Belum diketahui siapa yang akan menjadi lawan Los Blancos di laga tersebut.

Jika menang, maka Real Madrid akan tampil di final yang dihelat dua hari kemudian. Jika gagal mengangkat trofi di turnamen ini, maka akan menambah catatan minor pasukan Zinedine Zidane di musim ini.

Trofi Real Madrid di penghujung tahun adalah Piala Dunia Antarklub, Real Madrid meraihnya usai mengalahkan Kashima Antlers 4-2 di Yokohama International stadium, Yokohama, Jepang, (18/12/2016). (AFP/ Behrouz Mehri)

Seminggu setelah final Piala Dunia Antarklub, Real Madrid akan menghadapi laga berat lainnya. Cristiano Ronaldo dan kolega bakal menghadapi Barcelona di Santiago Bernabeu.

Laga ini merupakan kesempatan Real Madrid untuk memangkas selisih poin dengan Barcelona. Karena, mereka wajib menang pada laga tersebut. Begitu juga pada tandang di markas Barcelona.

Selain Barcelona, laga melawan Athletic Bilbao dan Sevilla bisa menjadi penentu bagi Real Madrid untuk tetap bersaing dalam perebutan juara gelar Liga Spanyol. Selain ini, ini juga jadi momentum menuju musim dingin, di mana Zidane bisa menambah kekuatan skuatnya.

2 dari 3 halaman

Peringkat Tiga

Hingga pekan ke-13, Real Madrid masih tercecer di peringkat empat klasemen sementara Liga Spanyol musim 2017-2018. Los Blancos baru mengantongi 27 poin dari 13 pertandingan.

Pemain Real Madrid, Borja Mayoral mendapat ucapan selamat usai mencetak gol ke gawang Fuenlabrada pada laga Copa del Rey 2017-2018 di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa (28/11). Madrid lolos ke 16 besar, meski bermain imbang 2-2. (AP Photo/Francisco Seco)

Real Madrid tertinggal delapan angka dari rival abadinya, Barcelona yang memuncaki klasemen. Pasukan Ernesto Valverde itu mencatat 11 kemenangan dan dua hasil imbang sejauh ini.

Artikel Selanjutnya
Jadwal Chelsea di Fase Grup Liga Champions
Artikel Selanjutnya
Selain Skor, Real Madrid Juga Kalahkan Barcelona dalam Hal Ini