Sukses

Undian Piala Dunia 2018 Malam Ini, Berikut Pembagian Pot Peserta

32 tim akan bersaing di Piala Dunia 2018 Rusia.

Liputan6.com, Kremlin - 32 tim telah memastikan diri untuk tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Peru menjadi tim terakhir yang merebut tiket turnamen sepak bola empat tahunan ini.

Malam ini WIB, pengundian untuk babak penyisihan grup akan berlangsung. Pengundian atau drawing Piala Dunia 2018 digelar di State Kremlin Palace, Rusia.

Undian Piala Dunia kali ini menggunakan prosedur berbeda ketimbang sebelumnya. Kali ini pot utama diisi tuan rumah Rusia plus tujuh penghuni peringkat FIFA tertinggi, dengan 24 tim lain dibagi sesuai daftar yang dikeluarkan pada Oktober 2017.

Pada kesempatan lalu, hanya pot 1 yang ditentukan peringkat FIFA. Sementara, tiga pot lain ditentukan berdasar lokasi geografis peserta.

Meski berbeda, peraturan grup nanti tetap sama. Tidak ada konfederasi yang boleh diwakili dua tim dalam satu grup, kecuali UEFA (maksimal dua). Akan ada delapan grup pada Piala Dunia 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan di Pot 2

Yang menarik, tim besar seperti Spanyol dan Inggris berada di Pot 2 untuk Piala Dunia 2018. Sementara Belgia dan Polandia secara mengejutkan menempati Pot 1.

 

Di Piala Dunia 2018 kali ini juga tanpa Italia, yang kalah di babak play-off dari Swedia. Selain itu, Belanda juga akan absen di turnamen tahun depan tersebut.

Sebanyak 20 tim yang lolos Piala Dunia 2018 ambil bagian pada turnamen sebelumnya di Brasil. Sementara dua negara melakoni debut, yakni Islandia dan Panama.

Sebanyak tujuh mantan juara berkesempatan menambah koleksi gelar. Mereka mencakup Brasil, Jerman, Uruguay, Argentina, Inggris, Prancis, dan Spanyol. Satu-satunya mantan juara yang gagal lolos adalah Italia.

3 dari 3 halaman

Daftar Pembagian Pot

Berikut pembagian Pot untuk Piala Dunia 2018.

Pot 1

Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis

Pot 2

Spanyol, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia, Peru

Pot 3

Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran

Pot 4

Nigeria, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, Serbia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.