Sukses

Akhir Desember, PSSI Tentukan Peserta Test Event Asian Games 2018

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkap adanya perubahan peserta test event Asian Games 2018 yang digelar Februari 2018.

Jakarta - Sekretaris Jenderal PSSI , Ratu Tisha Destria, mengatakan ketujuh negara test event Asian Games 2018 akan dipastikan pada akhir Desember 2017.

Agenda test event Asian Games 2018 untuk cabang olahraga sepak bola digelar pada 10-18 Februari 2017. Sebelumnya, PSSI mendapatkan saran dari pemerintah mengenai lawan-lawan yang harus dihadapi.

Qatar, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam, Singapura, China, dan Korea Selatan menjadi negara-negara yang diusulkan pemerintah karena mewakili karakteristik tim asal Asia Barat, Asia Tenggara, dan Asia Timur.

PSSI telah melakukan koordinasi untuk mengundang tujuh negara tersebut menjadi peserta test event. Namun, Ratu Tisha memastikan akan ada perubahan dari negara-negara peserta turnamen pemanasan tersebut karena sejumlah alasan.

Baca Juga

  • Jelang Asian Games 2018 PSSI Tidak Akan Pinjam Gelora Bung Karno
  • Gelar Test Event Asian Games, PSSI Tak Perlu Minta Izin Kemenpora
  • PSSI Berencana Gelar Uji Coba Timnas Indonesia Vs Islandia

"Saya baru kembali dari Bangkok, ada acara AFC Awards di sana. Saya sempat berbicara dengan delegasi beberapa negara untuk keperluan test event ini. Akan ada beberapa perubahan terkait peserta dan kami akan mengajukannya kepada pemerintah," ujar Ratu Tisha Destria kepada Bola.com seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian empat venue Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Sabtu (2/12/2017).

"Perubahan-perubahan itu misalnya seperti Singapura yang mungkin akan digantikan Myanmar. Kemudian juga nama Iran dan Yordania muncul karena kami ingin test event tetap berstandar tinggi karena Arab Saudi dan Qatar yang disarankan pemerintah saat ini tengah ada masalah diplomatik antara kedua negara itu dan tentu itu tidak baik," lanjut Ratu Tisha.

Ratu Tisha memastikan secara informal sudah ada respons dari negara-negara yang bersedia menjadi peserta test event Asian Games yang digelar pada Februari 2018. Namun, PSSI baru akan memastikan tujuh negara yang menjadi peserta pada akhir Desember 2017.

"Sekarang sudah ada beberapa federasi yang merespons secara informal. Sebenarnya sudah banyak yang memberikan respons, tapi kami masih menunggu kepastian mereka secara formal, terutama dokumen-dokumen resminya. Kami berharap pada pekan ketiga Desember ini kami sudah tahu dengan pasti tujuh negara itu mana saja sehingga kami bisa menutup tahun dengan kepastian," ujar Ratu Tisha.

Rencananya, cabang sepak bola Asian Games 2018 akan digelar di lima stadion di kawasan Jawa Barat, yaitu Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Namun, untuk test event yang digelar pada Februari 2018, PSSI akan menggunakan tiga stadion saja, tanpa menggunakan dua stadion yang berada di Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.