Sukses

Aldrie Widjayanto Kuasai Kategori ITT Tour de Linggarjati 2017

Tour de Linggarjati juga sebagai ajang mencari dan mengembangkan bakat atlet baru balap sepeda

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 178 pembalap sepeda adu cepat dalam event sport tourism bertaraf internasional Tour de Linggarjati di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Di sesi pertama, pembalap harus mengerahkan kemampuan mereka di kategori Individual Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh 9,9 km. Satu per satu peserta melaju dari garis start yang dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan dari Desa Pancalang menuju halaman Gedung Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan.

"TDL tahun ini tidak ada etape hanya kategori saja," kata ketua penyelenggara Tor de Linggarjati 2017 Agus Sadeli.

Dia menyebutkan, total peserta yang mendaftar 215 orang, namun baru 178 orang yang sudah her registrasi. Dari jumlah peserta tersebut, 18 pembalap berasal dari Malaysia, 4 pembalap dari Singapore, 1 pembalap dari Mongolia dan 1 pembalap dari Filipina.

Agus mengatakan, TDL 2017 juga sebagai ajang mencari dan mengembangkan bakat atlet baru balap sepeda. Oleh karena itu, masing-masing kategori dibagi menjadi kelas pemula, junior dan elite.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata

Event bertajuk wisata alam tersebut juga menjadi salah satu bagian dari eksplorasi Kabupaten Kuningan.

Oleh karena itu, di hari kedua peserta akan melintasi 101 desa di Kabupaten Kuningan untuk menyelesaikan kategori Individual Road Race (IRR) dengan start dan finish di halaman Kantor Pemda Kabupaten Kuningan.

Kategori IRR, kata dia, dengan ketentuan jarak tempuh youth 30,7 km, junior 63,7 km, dan elite 106,4 km.

"Kemarin sebelum event digelar sempat ada kendala pohon tumbang tapi sudah langsung ditangani," kata dia.

Pada kategori IRR ini, lanjut dia, peserta akan melintasi beberapa jalur ekstrim. Seperti tanjakan, jalan berliku hingga turunan yang cukup curam.

3 dari 3 halaman

Ikon Kuningan

Event TDL yang digelar ketiga kali tersebut diklaim menjadi magnet para wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Bupati Kabupaten Kuningan Acep Purnama mengatakan, jumlah wisatawan mengalami kenaikan.

Dari banyaknya jumlah wisatawan datang ke Kabupaten Kuningan, dia mengklaim TDL menjadi salah satu event sorotan.

"Yang penting kenal saja dan tahu saja dulu. Sport tourism nya, culture tourismnya," ujar dia.

Dalam Kategori ITT ini, pembalap Roy Aldrie Widjayanto dari Sepeda Kita Cycling (SKCT) Jakarta menduduki peringkat pertama pada kelas master A dengan jarak tempuh 0:20':26''860. Untuk kelas Master B diraih Zulkifli dari RCT Team dengan jarak tempuh 0:22':09''283.

Untuk kelas Men Elite peringkat pertama oleh Muhammad Abdurrohman dari KFC Cycling Team dengan jarak tempuh 0:18':27''833. Sementara pada kelas Men Junior peringkat pertama oleh Muhammad Shahmir Aiman b ABD Halim dari Persatian Lumba Basikal Trengganu dengan jarak tempuh 0:19':32''965.

Untuk kelas Men Youth oleh Prasetyo Nur Firdaus dari PGN Road Cycling Team Jakarta dengan jarak tempuh 0:19':23''751. Di atlet balap perempuan kelas Women Elit juara pertama oleh Nur Aisyah bt M Zubir dari Persatuan Lumba Basikal Trengganu dengan jarak tempuh 0:21':40''635.

Untuk kelas Women Junior dipegang Ezaatie Fifiyana S Bt Shaiful H dari Persatuan Lumba Basikal Trengganu dengan jarak tempuh 0:24':01''286. Di kelas Women Youth posisi pertama berhasil direbut oleh Dewika Mulya Sova dari PPLP Jatim dengan jarak tempuh 0:23':36''796. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.