Sukses

Test Event 3x3 Asian Games Tuai Pujian

Para peserta menilai arena pertandingan 3x3 sudah siap untuk melangsungkan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta memuji penyelenggaraan turnamen uji coba atau test event internasional Asian Games 2018 bertajuk 3X3 Asia Challenge 2017. Ajang ini digelar di Center Court (tenis outdoor), Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 1-2 Desember 2017.

Salah satu pujian datang dari pemain timnas 3X3 putra Thailand Kittitep Lane Dasom yang menilai test event Asian Games berjalan sangat baik, meski beberapa bagian arena dan sekitarnya masih dalam tahap renovasi.

"Saya menjadi tidak sabar menunggu semuanya selesai," ujar Dasom seperti dikutip dari Antara, Minggu (3/12/2017).

Meski demikian, ada satu hal menurut pemain keturunan Irlandia itu cukup menganggu dalam turnamen yang diikuti lima negara, termasuk Indonesia tersebut. "Toiletnya jauh. Saya butuh tiga menit untuk ke sana. Ini masukan saya untuk Asian Games tahun depan," ujar dia.

Apresiasi test event juga datang dari pelatih timnas 3X3 putra Fandi Andika Ramadhani. Ia menilai, arena pertandingan 3X3 sudah siap untuk melangsungkan Asian Games 2018. Tapi, masih banyak yang perlu ditingkatkan.

"Arena sudah bagus, tapi toilet dan tempat mencari makan-minum masih sulit," tutur pria yang akrab disapa Rama itu. Namun ia meyakini, kekurangan itu bisa ditutupi jika pembangunan venue sudah selesai.

Pujian senada disampaikan oleh pelatih timnas 3X3 putri Indonesia Tri Hartanto. Bahkan, Tri menyamakan kualitas arena dengan kejuaraan dunia. "Saya takjub karena kualitas arenanya hampir sama dengan world championship. Bagus banget," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berjanji mengevaluasi pelaksanaan turnamen uji coba 3X3 itu sesegera mungkin. Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan pihaknya sudah menerima semua masukan dari peserta dan akan membahasnya pada rapat yang dijadwalkan pada Rabu (6/12/2017).

"Kami akan meningkatkan apa yang dirasakan kurang oleh peserta," ujar Danny.

Turnamen test event internasional Asian Games 2018 diikuti lima negara Asia, yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Sri Lanka. Timnas 3X3 putri Indonesia sukses menjadi juara di "3X3 Asia Challenge 2017" setelah di final menaklukkan Malaysia.

Sementara itu, timnas putra Indonesia menjadi runner up usai dikalahkan Thailand di babak pamungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.