Sukses

Debut Gattuso, AC Milan Mainkan Skema 3-4-3

Liputan6.com, Benevento - Pelatih anyar AC Milan Gennaro Gattuso akan menjalani debutnya melawan tim juru kunci Benevento dalam lanjutan Liga Serie A Italia pekan ke-15, Minggu (3/12/2017). Pada laga nanti, Rino (sapaan Gattuso) akan menerapkan formasi 3-4-3.

Saat konferensi pers perdananya usai menggantikan Vincenzo Montella, awal pekan lalu, Gattuso sudah menyampaikan dirinya memiliki pendekatan yang berbeda dari pendahulunya itu di AC Milan. Namun demikian, dia tetap mewariskan pola pertahanan dengan tiga bek.

Menurut Sky Sport Italia, Gattuso hanya mengganti dua pemain dalam komposisi yang akan diturunkan sebagai starting XI dari laga terakhir melawan Torino. Mateo Musacchio akan menggantikan Cristian Zapata untuk mendampingi Leonardo Bonucci dan Alessio Romagnoli di lini pertahanan.

"Bukan rahasia lagi bahwa saya ingin melihat mental yang kuat, intensitas, dan semangat tim. Kami mencoba sesuatu yang baru dalam latihan, namun tiga bek tetap dipertahankan dan kami bekerja dengan konsep yang jelas," kata Gattuso seperti dilansir Football Italia.

Di lini tengah, Lucas Biglia tetap dicadangkan meski sudah pulih dari flu yang menyerangnya. Gelandang Argentina itu dinilai belum siap tampil karena masalah kebugaran. Sebagai gantinya, Gattuso akan memainkan Riccardo Montolivo dan Franck Kessie sebagai jangkar, dengan Fabio Borini serta Ricardo Rodriguez di sayap.

"Saya sudah bicara pada Biglia. Ada jutaan pemain berbakat di Argentina, jadi bukan kebetulan kalau dia jadi pilihan utama di lini tengah mereka. Mengingat gaya bermainnya, dia cuma bisa tampil bagus saat dalam keadaan baik dan musim ini dia sudah cukup berani bermain untuk tim meski sedang dalam keadaan cedera," jelas Gattuso.

Sedangkan di lini depan AC Milan, Gattuso tetap hanya memainkan satu striker. Pilihannya jatuh pada striker berpengalaman, Nikola Kalinic. Striker Kroasia itu akan disokong Suso dan Giacomo Bonaventura. Dua striker muda, Andre Silva dan Patrick Cutrone akan menunggu di bangku cadangan.

1 dari 3 halaman

Final Liga Champions

Dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Gattuso menegaskan tak ingin menyepelekan Benevento. Meski belum meraih satu pun poin musim ini, klub yang baru promosi ke Serie A itu menurutnya tetap patut diwaspdai.

Pelatih anyar AC Milan Gennaro Gattuso (AC Milan.It)

"Ini akan jadi pertempuran. Benar bahwa poin mereka masih nol, tapi penampilan mereka sudah berubah sejak ditangani oleh Roberto De Zerbi. Mereka berbahaya dan punya mental kuat. Kami akan bermain dengan atmosfer semangat," ucapnya.

"Saya kira Benevento layak mendapat hasil yang lebih baik saat melawan Atalanta dan Juventus."

"Kami harus menutup mata kami dan membayangkan itu seperti final Liga Champions. Karena betapa pentingnya pertandingan ini bagi kami," tandas Gattuso.

2 dari 3 halaman

Tanpa Pemain Kunci

Kontra AC Milan, Benevento terpaksa bermain tanpa pemain kuncinya, Amato Ciciretti. Ciciretti merupakan spesialis tendangan bebas bagi Benevento. Ia mencetak satu gol lawan tanding lawan Juventus.

Tak hanya Ciciretti, Benevento juga tak dapat menurunkan Achraf Lazaar dan Pietro Iemmello. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
17 Pemain AC Milan Dipanggil Timnas
Artikel Selanjutnya
AC Milan Rilis Skuat untuk Taklukkan Liga Europa