Sukses

Tawarkan Posisi Pelatih Italia, FIGC Kontak Ancelotti

Liputan6.com, Munich - Mantan pelatih Bayern Munchen Carlo Ancelotti mengaku telah dihubungi Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Namun, dia belum dapat menerima tawaran melatih timnas dalam waktu dekat ini.

Ancelotti menegaskan, penunjukan pelatih baru timnas Italia tak akan mengubah keadaan. FIGC dimintanya untuk bisa memaksakan regulasi aturan baru kepada klub-klub Serie A.

"Ya, federasi menghubungi saya, saya berbicara dengan mereka. Saya mengatakan apa yang saya katakan sekarang, bahwa saya merasa terhormat karena begitu banyak yang menginginkan saya menjadi pelatih Nazionale," kata Ancelotti dalam acara televisi La Domenica Sportiva, dilansir dari Football-Italia, Senin (4/12/2017).

Menangani sebuah tim nasional dinilai allenatore 58 tahun tersebut jauh berbeda dengan mengatur skuat dalam klub. Ditambah lagi, Ancelotti menganggap sepak bola Italia punya masalah yang perlu diselesaikan.

"Namun, itu sama sekali berbeda dari pekerjaan lain. Menjadi pelatih timnas berbeda dengan menjadi pelatih klub, karena saya masih menikmati latihan dan bekerja setiap hari," ujar eks pelatih AC Milan tersebut.

"Saya menyadari ada konflik kepentingan antara klub dan federasi, seperti di Jerman, Prancis, dan Inggris. Tapi saat ini sepak bola Italia federasi yang bisa memaksakan kekuatannya atas klub dan menerapkan peraturan baru untuk memperbaiki situasi tersebut," ucap Ancelotti.

 

1 dari 3 halaman

Saran 18 Klub

Ancelotti menyarankan Serie A sebaiknya hanya diisi oleh 18 klub seperti Bundesliga Jerman. Bukan 20 tim seperti La Liga Spanyol sampai Liga Inggris.

"Sebagai contoh, saya pikir Serie A akan mendapatkan keuntungan besar jika dikurangi dari 20 tim menjadi 18 dan saya tahu ada klub yang siap mendukungnya," kata Ancelotti.

Karier Ancelotti di Bundesliga sebagai pelatih Bayern Munchen selesai pada 28 September 2017 lalu. Pelatih asal Italia tersebut dipecat setelah mengecap kekalahan 0-3 dari Paris Saint-Germain (PSG) pada matchday kedua penyisihan grup Liga Champions.

 

2 dari 3 halaman

Kembali ke Italia

Meski dikaitkan kembali ke AC Milan, Ancelotti menegaskan dirinya belum menjalin komunikasi dengan jajaran direksi klub yang baru. Namanya mencuat setelah pelatih Milan Vincenzo Montella dipecat baru-baru ini.

"Selama beberapa bulan terakhir saya telah dikaitkan dengan beberapa tim, seperti dari Kroasia, Arab Saudi, Tiongkok, Milan. Saya belum pernah berbicara dengan direktur Milan yang baru," katanya.

"Saya katakan bahwa Serie A adalah yang paling menarik di Eropa saat ini, karena ada banyak kompetisi, tidak seperti di Prancis," ujar Ancelotti.

Artikel Selanjutnya
Pelatih AC Milan Tidak Akan Jual Pemain Ini
Artikel Selanjutnya
3 Pelatih Italia Masuk Kandidat Terbaik FIFA 2017