Sukses

3 Kiper yang Pernah Buat Gol dengan Tandukan

Liputan6.com, Jakarta- Kiper Benevento Alberto Brignoli membuat heboh sepak bola dunia pada awal Desember ini. Brignoli berhasil membuat gol yang menyelamatkan Benevento dari kekalahan. 

Brignoli mencetak gol ke gawang AC Milan di menit 95. Dia melepaskan sundulan menyambut umpan tendangan bebas Danilo Cataldi.

Gol Brignoli membuat skor akhir imbang 2-2. Benevento pun berhak mendapatkan poin pertamanya di Serie A. Sebelumnya mereka selalu kalah dalam 14 laga awal Serie A.

Usai menjebol gawang AC Milan, nama Brignoli langsung jadi buah bibir. Dia dianggap sebagai pahlawan Benevento karena golnya membuat mereka mendapatkan poin perdana di Serie A.

Jauh sebelum Brignoli membuat gol ke gawang AC Milan, sudah ada banyak kiper yang juga mampu melakukan hal berupa.

Berikut tiga kiper yang pernah membuat gol lewat sundulan:

 

1 dari 4 halaman

1. Jens Lehmann

1. Jens Lehmann

Mantan kiper Arsenal ini pernah membuah heboh Jerman pada tahun 1997. Lehmann ketika itu masih bermain untuk klub Bundesliga Schalke 04.

Lehmann mencetak gol di menit akhir lewat sundulan guna menyelamatkan Schalke dari kekalahan. Lehmann lolos dari jebakan off-side dan dengan dingin menanduk bola di mulut gawang.

Laga Dortmund melawan Schalke akhirnya berkesudahan sama kuat 2-2. Dortmund unggul lebih dulu lewat Vladimir. Schalke kemudian membalas lewat gol Denis Klyuyev. Tapi Dortmund kembali unggul berkat aksi Andreas Moller. Kemenangan Dortmund kemudian dibuyarkan oleh Lehmann.

2 dari 4 halaman

2. Ali Ahamada

2. Ali Ahamada

Ali Ahamada pernah membuat gol indah untuk klubnya Touloue. Dia menyundul bola dengan kepala belakang meneruskan umpan tendangan bebas.

Gol Ali Ahamada membuat Toulouse lolos dari kekalahan pada tahun 2012 lalu. Sundulan Ali Ahamada membuat papan skor sama kuat 2-2.

Sayangnya nama Ali Ahamada hanya sebentar saja menghiasi pemberitaan media-media olahraga Eropa. Kariernya meredup. Hingga saat ini Ali Ahamada masih bermain untuk Toulouse.

3 dari 4 halaman

3. Massimo Taibi

3. Massimo Taibi

Sebelum Brignoli, kiper terakhir di Serie A yang membuat gol adalah Massimo Taibi. Mantan kiper Manchester United itu mencetak gol untuk Reggina.

Taibi menanduk bola memanfaatkan umpan tendangan penjuru. Gol Taibi ini menyelamatkan Reggina dari kekalahan saat melawan Udinese. Pertandingan berakhir imbang 1-1. Taibi membuat gol tersebut pada 1 April 2001.

Artikel Selanjutnya
Tekuk Slowakia, Langkah Inggris ke Piala Dunia Kian Mulus
Artikel Selanjutnya
Rapor Pemain Timnas Indonesia Vs Fiji