Sukses

Trofi Rally Monza Show 2017, Bukan Sekadar Hiburan buat Rossi

Valentino Rossi mencatatkan namanya sebagai pemenang pada ajang Monza Rally Show 2017.

Liputan6.com Monza - Valentino Rossi mencatatkan namanya sebagai pemenang pada ajang Monza Rally Show 2017. Pada hari terakhir yang berlangsung di Autodromo Nazionale, Monza, Italia, Minggu (3/12), pembalap asal Italia yang mengendarai mobil Ford Fiesta RS WRC 2016 berhasil mempermalukan Thierry Neuville dan Andreas Mikkelsen (Hyundai WRC).

Ini tentunya bukan sekadar trofi hiburan buat Rossi. Karena dia berhasil menggenapi raihan gelarnya menjadi enam (2006, 2007, 2012, 2015, 2016 dan 2017) di ajang Monza Rally Show sejak keikutsertaannya pada 1998. Pembalap yang masih menjomblo itu pun sukses melewati rekor lima kemenangan milik Rinaldo Capello.

Kemenangan yang diraih Rossi tidaklah mudah. Pada hari terakhir, juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP itu sempat dikenai penalti 10 detik lantaran mobil Ford Fiesta RS WRC 2016 yang dikemudikannya terbukti memiliki kekurangan berat 7 kg menjelang dua stage terakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkena Penalti

Penalti itu membuat pesaing terdekatnya yakni Bonanomi berbalik unggul 2,7 detik dengan mobil Citroen DS3. Namun Rossi sukses memangkas jarak dari mantan pembalap Audi LMP1 setelah dia melakukan kesalahan dengan keluar dari lintasan dan kehilangan banyak waktu.

Alhasil, Rossi mulai tak terbendung dan pembalap Italia ini pun berhasil menutup gelaran Monza Rally Show dengan kemenangan.

"Kemenangan ini mengingatkan saya ketika tampil di Phillip pada 2003. Saat itu saya mendapatkan penalti 10 detik, setelah menyusul pembalap lain di bawah bendera kuning. Tapi saya masih bisa memenangkan perlombaan," kenang Rossi seperti dikutip dari GPOne.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang di Monza Rally Show 2017

Juara I: Valentino Rossi

Peringkat II: Thierry Neuville dan Andreas Mikkelsen

Peringkat III: Marco Bonanomi

Peringkat IV: Tony Cairoli

Peringkat V: Piero Longhi 

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.