Sukses

Peserta Kirab Pemuda Nusantara Wajib Teladani Gus Dur

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Kirab Pemuda Nusantara atau KPN 2017 dari dua zona yaitu zona 1 dan zona 2 bertemu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan bersama-sama mengunjungi makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur, di komplek Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, (4/12/2017).

Di makam Gus Dur, para peserta KPN 2017 ini belajar arti penting toleransi dan kerukunan umat beragama yang terus digemakan Gus Dur sepanjang masa hidupnya.

Gus Dur yang pernah memimpin Nahdlotul Ulama ini memang dikenal gigih memperjuangkan kerukunan serta melindungi minoritas. Kedatangan peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Pondok Pesantren Tebu Ireng ini disambut baik H Lukman Hakim selaku Mudir pondok pesantren dan Ustad Azwani selaku protokoler dan pengasuh pesantren serta Agus Susilo selaku PLT Kepala Dispora Kabupaten Jombang.

 Lukman menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta KPN 2017 untuk berkunjung ke makam para tokoh NU yang berperan dalam pembangunan Indonesia sejak sebelum kemerdekaan.

“Banyak tokoh NU yang dimakamkan di komplek makam Ponpes Tebu Ireng ini, mereka adalah tokoh-tokoh yang berperan dalam membangun bangsa Indonesia, sejak era kemerdekaan,” katanya seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

1 dari 2 halaman

Kegiatan Positif

Sementara itu, Plt Kadispora Kabupaten Jombang Agus Susilo mengingatkan para peserta KPN 2017 agar giat melakukan kegiatan positif sejak dini.

“Saya berharap, para peserta KPN 2017 ini benar benar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas serta mampu menularkan energi positif kepada pemuda lainnya di Indonesia," kata Agus.

Sebelum tiba di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, para peserta KPN 2017 ini telah menelusuri berbagai daerah di Indonesia sejak akhir September 2017 lalu. Peserta KPN 2017 Zona 1 memulai kegiatan dari Miangas, Sulwesi Utara, kemudian ke Kalimantan, Sumatera, Bangka Belitung, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, DIY, hingga Jawa Timur.

Sementara para peserta KPN 2017 Zona 2 memulai kegiatan dari Rote, NTT kemudian ke NTB, Bali, Papua, Maluku, Sulawesi, hingga Jawa Timur.

Kegiatan Kirab Pemuda Nusantara 2017 akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang dengan acara puncak dilakukan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Selain Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, dalam acara puncak KPN 2017 ini rencananya juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.