Sukses

7 Pemain Muda Berbakat Bakal Ramaikan Skuat Persija

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, mengungkapkan komitmen klubnya untuk membantu perkembangan pemain muda di Indonesia. Sesuai rancangan regulasi kompetisi, Persija bakal menyediakan tujuh slot pemain U-23 dalam 30 daftar pemainnya tahun depan.

Berdasarkan keterangan Gede, PSSI tengah menyiapkan regulasi terkait kewajiban klub untuk memiliki pemain U-23. Kabar baiknya, tak ada ketentuan menit bermain untuk para wonderkid ini dalam sebuah pertandingan.

Ada tiga pemain U-23 milik Persija yang bakal dipertahankan musim depan. Mereka adalah Abrizal Umanailo, Pandi Lestaluhu, serta Muhammad Rasul. Sisanya, Gede mengisyaratkan akan ada pemain asing untuk memenuhi kebutuhan Persija di sektor ini.

"Kalau pemain junior saja harus menghubungi agen saya kan repot. Berarti tidak serius," tutur Gede di kediamannya di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Senin (4/12/2017).

"Banyak pemain muda yang ingin masuk ke Persija. Saya harap pemain yang kemarin main di salah satu klub Liga 1 dan Australia bisa gabung," kata Gede.

Setelah merampungkan Liga 1 2017, baru empat pemain baru yang diumumkan Persija, yakni Arthur Bonai, Septinus Alua, Valentino Tealabun, dan Ahmad Syaifullah. Sementara eks gelandang Persib Bandung Asri Akbar dipastikan bergabung musim depan usai kontraknya habis dengan Borneo FC tahun ini.

Gede Widiade memastikan rekrutan anyar milik klub diikat tak kurang dari dua musim. Sebab, dia ingin memastikan performa pemain Persija dapat dievaluasi.

"Asri dan semuanya saya harapkan bisa dua musim. Agar saya tidak melakukan negosiasi tiap tahun," kata Gede.

1 dari 3 halaman

Negosiasi Pemain

Gede juga mengungkapkan, dia selalu menjabarkan hak dan kewajiban pemain sebelum menandatangani kontrak baru, termasuk rincian kenaikan gaji dan pemberian bonus.

  Aksi para pemain Persija Jakarta saat berhadapan dengan Bhayangkara FC di Liga 1 2017. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

"Saya bacakan, gaji berapa, bonus berapa, tahun depan kalau bagus naik berapa dan kenaikan gajinya minimal berapa persen. Negosiasi tiap tahun itu lelah, apalagi disuruh nego sama agen," kata Gede.

 

2 dari 3 halaman

Pemain yang Keluar

Tujuh pemain Persija dipastikan hengkang tahun ini. Mereka adalah Willian Pacheco, Ryuji Utomo, Sutanto Tan, Irfandi Zein Al-Zubeidy, Amarzukih, Jefri Kurniawan, dan Rohit Chand.

Ada yang memilih hengkang ke klub lain karena tawaran gaji lebih besar. Ada pula yang kalah bersaing dengan stok pemain yang ada sebelumnya.

"Kalau Ryuji datang baik-baik ke saya. Dia bilang jadi tulang punggung keluarga dan ayahnya sedang sakit. Dalam suratnya kepada kami, saat dia selesai dari Thailand, dia akan memprioritaskan untuk balik ke Persija," kata Gede.

Artikel Selanjutnya
MU Boyong Wonderkid Spanyol
Artikel Selanjutnya
3 Calon Bintang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF