Sukses

Menanti Duel Sengit 16 Besar Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 12 klub sudah memastikan lolos ke fase knock out atau 16 besar Liga Champions. Ada tujuh klub yang memastikan diri sebagai juara grup, sedangkan lima klub berada di posisi kedua atau runner-up.

Seperti musim-musim sebelumnya, potensi duel sengit bakal terjadi kembali musim ini di Liga Champions. Apalagi, banyak tim unggulan berada di posisi kedua, seperti Bayern Munchen, Real Madrid, Juventus, dan Chelsea.

Empat klub ini berpotensi jumpa dengan lawan berat (tidak satu negara) yang berada di puncak klasemen grup. Mereka adalah Barcelona, Manchester City, Manchester United, dan Paris-Saint Germain.

Tanpa meremehkan Besiktas, AS Roma, dan Tottenham Hotspur, empat klub itu pantas membuat ngeri klub-klub calon lawan mereka. Media-media besar di Eropa pun sudah mengeluarkan prediksi-prediksi liar kemungkinan duel apa yang terjadi di babak 16 besar.

Salah satu yang banyak dibicarakan, yaitu kemungkinan Barcelona jumpa dengan Chelsea. Boleh jadi, duel ini bisa dibilang datang terlalu cepat.

Chelsea kurang beruntung karena gagal mengamankan posisi puncak klasemen. Karena itu, Chelsea terancam jumpa dengan Barcelona atau Paris-Saint Germain.

Para pemain AS Roma merayakan kemenangan atas Qarabag pada laga Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (6/12/2017). AS Roma Menang 1-0 atas Qarabag. (AP/Alessandra Tarantino)

Kemungkinan lain yang juga menarik ditunggu, yaitu duel Juventus vs MU. Laga ini juga menjual karena bakal jadi ajang reuni bagi Paulo Pogba yang pernah berseragam Juventus dan kini berbaju MU.

Masih banyak kemungkinan-kemungkinan lain yang membuat publik menunggu dengan tegang. Ketegangan ini pantas ditahan hingga Senin (11/6/2017) sore WIB saat pengundian 16 besar Liga Champions dilakukan. Lagi pula masih ada matchday terakhir Grup E sampai H.

"Saat Anda lolos ke fase berikutnya di Liga Champions, Anda harus selalu siap untuk menghadapi tim terbaik," kata manajer Chelsea, Antonio Conte, seperti dikutip soccerway.

 

 

1 dari 3 halaman

Menanti Empat Tim

Pemain Atletico Madrid, Saul Niguez berebut bola dengan pemain Chelsea, Tiemoue Bakayoko pada matchday terakhir Grup C Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (6/12). Chelsea  Lolos ke fase gugur Liga Champions usai bermain imbang 1-1. (AP/Alastair Grant)

Masih ada empat tim yang berjuang untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Empat tiket terakhir ini masih diperebutkan oleh tujuh klub.

Mereka adalah Leipzig, Liverpool, Napoli, Porto, Sevilla, Shakhtar Donetsk, dan Spartak Moskow. Liverpool akan habis-habisan menghadapi Spartak Moskow di laga nanti.

Memang Liverpool hanya butuh imbang untuk lolos minimal di peringkat kedua. Namun, jika kalah, Liverpool bakal gagal ke fase grup dan terperosok di Liga Europa.

"Ini final yang pantas, lolos atau tidak sama sekali. Kami tahu cukup imbang untuk lolos, tapi kami tak bisa main untuk imbang saja dan kami tak mau," kata manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Liverpool diharapkan lolos ke 16 besar Liga Champions (Gareth Fuller/PA via AP)

Dari tujuh klub yang mengejar tiket terakhir, memang hanya Liverpool yang ditunggu-tunggu kelolosannya. The Reds akan kembali menyemarakkan persaingan di 16 besar jika berhasil lolos baik sebagai runner-up atau pemuncak klasemen.

Selain itu, ada kerinduan yang mendalam di hati fans Liverpool. Soalnya, klub kebanggaan mereka ini terakhir kali lolos ke fase knock out pada musim 2008/2009. Saat itu, Liverpool tampil fantastis dengan membantai Real Madrid 5-0 secara agregat di 16 besar.

"Jika kami lolos 16 besar, kami berpeluang untuk melaju lebih jauh. Maka itu, kami harus realisasikan dulu target lolos," ujar Klopp.

2 dari 3 halaman

Waktu dan Tata Cara Pengundian

Drawing Liga Champions bakal digelar di markas UEFA (doc. UEFA)

Pengundian bakal dilakukan pada Senin (11/12/2017) sore mendatang. Pengundian akan dilakukan dengan cara menyiapkan dua pot yang masing-masing berisi delapan klub juara grup dan delapan klub runner-up.

Pengundian akan dilakukan acak tapi tak bisa jumpa dengan klub asal satu negara atau pernah satu grup di fase grup. Prosedur pengundian nantinya akan dijelaskan kepada masing-masing klub beberapa jam sebelum acara berlangsung.

Pengundian akan berlangsung markas UEFA, Nyon, Prancis. Ini bisa disaksikan lewat live streaming di UEFA.com. Jika duel sudah ditentukan, maka tinggal menanti pelaksanaan 16 besar.

Fase knock out ini akan dilakukan dengan cara dua leg; home and away. Laga home bakal dilakukan pada 13/14 Februari dan 20/21 Februari.

Adapun laga tandang akan dilakukan pada 6/7 Maret dan 13/14 Maret. "Saya bukan orang beruntung kalau bicara pengundian. Jadi, lebih baik tutup mulut dan melupakannya karena kami juga bakal main Februari," katanya, seperti dikutip BT Sport.

"Sambil menunggu duel Liga Champions, saya harus konsentrasi di Liga Inggris. Saya tak ambil pusing tim yang akan menghadapi kami karena mereka juga tak akan bahagia jumpa kami."

Road to Final Liga Champions

16 Maret: Pengundian perempat Final

3/4 April: Leg pertama perempat final

10/11 April: Leg kedua perempat final

13 April: Pengundian semifinal dan final

24/25 April: Leg pertama semifinal

1/2 Mei: Leg kedua semifinal

26 Mei: Final (NSK Olimpiyski, Kiev)

Artikel Selanjutnya
Jadwal Chelsea di Fase Grup Liga Champions
Artikel Selanjutnya
Drawing Liga Champions: Barcelona Vs Juventus