Sukses

Tahun Depan, Ronaldinho Berniat Gantung Sepatu

Ronaldinho ingin momen tersebut dirayakan lewat laga perpisahan.

Liputan6.com, Jakarta Mantan pemain Barcelona dan Brasil, Ronaldinho, berniat pensiun dari sepak bola, tahun depan. Dia ingin momen gantung sepatu tersebut ditandai lewat sebuah laga ekshibisi. 

Ronaldinho memutuskan hengkang dari Fluminense, pada September 2015 lalu. Sejak saat itu, pemain yang juga pernah memperkuat AC Milan itu tidak pernah memperkuat klub profesional lagi. Kiprahnya di lapangan hijau diisi lewat pertandingan-pertandingan ekshibisi. 

Awal tahun 2017 lalu, agennya sempat mengklaim Ronaldinho sudah siap memperkuat klub profesional lagi. Namun, hingga saat ini, Ronaldinho masih belum juga mendapatkannya. 

Bahkan belakangan, Ronaldinho yang kini menjabat sebagai duta Barcelona itu justru ingin segera gantung sepatu. Dia berniat mundur dari sepak bola profesional, tahun depan. Pemain berusia 37 tahun itu mengaku ingin mendalami karier di luar olahraga. 

"Ada peluang, saya pikir, tahun depan saya akan mengucapkan selamat tinggal kepada sepak bola," kata Ronaldinho, seperti dilansir Soccerway. 

"Saya mungkin akan memainkan laga perpisahan bagi tim-tim yang pernah saya perkuat sebelumnya. Untuk sementara itu yang perlu kami pikirkan," beber Ronaldinho. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karier Ronaldinho

Ronaldinho mengawali karier profesionalnya pada 1998. Tim pertama yang diperkuat adalah Gremio. Setelah tiga tahun, dia kemudian bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) selama tiga musim. Selama memperkuat Le Parisiens, Ronaldinho mengemas 17 gol.

Nama Ronaldinho kian melambung saat dia pindah ke Barcelona. Gocekan-gocekan maut dan tendangan akurat Ronaldinho mampu membius para penonton. Selama lima musim sejak 2003, Ronaldinho memperkuat Barcelona sebanyak 145 kalu dan mengemas 70 gol. 

Ronaldinho juga sempat memperkuat AC Milan (2008-2011). Kemudian, dia kembali ke kampung halamannya dan memperkuat sejumlah tim di sana. Terakhir, Ronaldinho sempat tercatat sebagai pemain Fluminense FC, tapi hanya bertahan hingga tiga bulan saja. 

 

 

3 dari 3 halaman

Berbisnis di Luar Sepak Bola

Selain sepak bola, Ronaldinho punya sederet aktivitas. Setelah gantung sepatu, Ronaldinho berniat untuk fokus mengembangkannya.  

"Setelah saya pensiun dari sepak bola, maka saya fokus pada proyek musik saya, sekolah sepak bola saya. Itu hal baru bagi saya, saya harus menyesuaikan diri," bebernya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini