Sukses

Piala Presiden 2018 Siap Digelar

Liputan6.com, Jakarta - PSSI memastikan turnamen pramusim Piala Presiden 2018 akan digelar pertengahan Februari mendatang. Maruarar Sirait kembali ditunjuk sebagai Steering Committee Piala Presiden dengan surat penunjukan yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi pada 18 November 2017 .

Edy mengatakan Piala Presiden jadi ajang pemanasan untuk 18 klub yang berlaga di Liga 1 musim 2018. "PSSI menimbang dan memohon kepada salah satu anak bangsa, Maruarar Sirait, untuk jadi Steering Committee ketiga kalinya di Piala Presiden. Waktu turnamen nanti kami menghadap dulu ke yang punya piala (Presiden RI Joko Widodo)," kata Edy dalam jumpa pers di Makostrad, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Sementara itu, Maruarar yang mendapat mandat sebagai dewan pengarah akan memastikan lima visi dan misi turnamen dapat terlaksana dengan baik. Mulai dari transparansi keuangan, sampai sarana pencarian pemain muda berbakat.

"Saya bekerja atas penugasan Ketum PSSI dan arahan Presiden. Ada amanat dari yang punya piala ini," kata politikus PDI Perjuangan itu ketika mendampingi Edy dalam jumpa pers.

"Yang saya pertahankan pertama adalah transparansi keuangan dan fairplay agar tidak ada pengatutan skor. Misi kami melanjutkan apa yang sudah dilakukan," ucap Maruarar tentang Piala Presiden.

1 dari 3 halaman

Sarana Prestasi

Seperti dua edisi Piala Presiden sebelumnya, firma swasta PricewaterhouseCoopers akan digandeng sebagai auditor keuangan independen turnamen. Selain itu, sebanyak lima sampai enam orang akan duduk sebagai Organizing Committee (OC) mulai dari pihak kepolisian, mantan pemain, pelatih, hingga jurnalis senior.

Maruarar Sirait kembali ditunjuk sebagai Steering Committee Piala Presiden 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Misi selanjutnya adalah menjadikan turnamen sebagai sarana prestasi agar bertemu bakat-bakat terpendam yang bisa dipanggil timnas. Jangan lupa Piala Presiden ini harus jadi hiburan rakyat," ucap Maruarar.

"Kelima, sesuai arahan Presiden turnamen ini harus bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan. Pedagang kaki lima, ojek, hotel, transportasi, semua jadi lebih bergairah. Ini misi yang akan dijaga," katanya.

2 dari 3 halaman

Persib dan Arema

Edisi perdana Piala Presiden digelar pada 2015 lalu. Persib Bandung menjadi kampiun di edisi tersebut. Pada laga final, Maung Bandung menang 2-0 atas Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 18 Oktober 2018.

Saat itu, dua gol kemenangan Persib dicetak Ahmad Jufriyanto dan gol bunuh diri kiper Sriwijaya FC Dian Agus Prasetyo.

Ekspresi kiper Arema FC, Kurnia Meiga saat timnya meraih juara Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (12/3/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sementara di Piala Presiden 2017, Arema FC keluar sebagai juara. Tim Singo Edan menang telak 5-1 atas Pusamania Borneo FC pada laga final di Stadion Pakansari, 12 Maret 2017.

Gelar juara Arema kian lengkap setelah Cristian 'El Loco' Gonzales meraih sepatu emas setelah menjadi pencetak gol terbanyak dengan 11 gol dan Adam Alis terpilih sebagai pemain terbaik.

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina
Artikel Selanjutnya
Langkah PSSI Jamin Keamanan Timnas Indonesia U-19 di Myanmar