Sukses

Hadapi Rijeka, Ujian Kelayakan Gattuso Latih AC Milan

Liputan6.com, Rijeka - Pelatih anyar AC Milan, Gennaro Gattuso, mengincar kemenangan perdananya saat menghadapi Rijeka dalam babak penyisihan grup Liga Europa, Kamis (7/12/2017) atau Jumat dini hari WIB (8/12/2017). Gattuso dapat hasil kurang meyakin di laga debutnya sebagai pelatih AC Milan.

Pelatih yang baru ditunjuk pada 27 November lalu itu sebelumnya gagal mempersembahkan kemenangan bagi I Rossoneri di Serie A. Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan bermain imbang 2-2 lawan tim juru kunci, Benevento.

Laga melawan Rijeka ini sejatinya tidak menentukan lagi bagi AC Milan. Mereka sudah memastikan diri lolos ke babak 32 besar sebagai juara Grup D dengan torehan 11 poin. Itu semua didapat di bawah asuhan pendahulu Gattuso, Vincenzo Montella.

Namun bagi Gattuso pribadi, kemenangan tetap menjadi penting demi menunjukkan kelayakan dirinya melatih klub sebesar AC Milan. Apalagi, selama ini banyak pihak yang meragukan kapasitasnya.

1 dari 4 halaman

Pertandingan Penting

"Ini pertandingan penting buat kami, bahkan walaupun itu sudah tidak menentukan apa pun di klasemen. Namun secara psikologis, kami sangat butuh kemenangan," ujar Rino, sapaan Gattuso, dalam sesi konferensi pers seperti dilansir Football Italia.

Gattuso menuntut para pemainnya bermain habis-habisan pada laga nanti, untuk menunjukkan komitmen mereka kepada klub. Ia juga meminta para pemainnya untuk membuktikan kualitas mereka.

"Saya ingin melihat pemain membuktikan rasa lapar mereka dan membuat saya sulit menentukan siapa yang akan turun sebagai starter. Ketika bermain di Eropa dengan seragam Milan, Anda harus menaruh rasa hormat dan berjuang sampai akhir," papar Gattuso.

2 dari 4 halaman

Istirahatkan Pemain Penting

Pada laga ini, Gattuso menyimpan sejumlah penggawa penting seperti Gianluigi Donnarumma, Suso, Franck Kessie, serta Ricardo Rodriguez. Mereka semua diistirahatkan untuk laga di Serie A melawan Bologna akhir pekan nanti.

Namun, gelandang Lucas Biglia dan Manuel Locatelli, serta kapten Leonardo Bonucci dipastikan akan tetap tampil sebagai starter.

"Saya bisa saja membawa sejumlah pemain muda dari tim Primavera, tapi saya tidak melihat ini sebagai momen yang tepat untuk diremehkan," ujar Gattuso.

3 dari 4 halaman

Berharap Dukungan Milanisti

Pada pertemuan pertama di San Siro, 29 September lalu, AC Milan hanya mampu menang tipis 3-2 atas Rijeka. Wakil Kroasia itu bahkan sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah sebelumnya tertinggal dua gol lebih dulu. Beruntung, muka I Rossoneri selamat berkat gol Patrick Cutrone di menit akhir pertandingan.

Kali ini, pertandingan akan digelar di Stadion Rujevica, Kroasia. Gattuso lagi-lagi berharap Milanisti memberi dukungan penuh kepada timnya.

"Saya pernah bermain di Piala UEFA (nama Liga Europa dulu) bersama Milan dan kami kalah 0-4 dari Borussia Dortmund. Rijeka menciptakan atmosfer di San Siro, hanya dengan 4.000 fans, tapi mereka terasa seperti 20 ribu orang. Jadi saya berharap pendukung Milan juga bisa menciptakan keriuhan yang sama di leg kedua ini," jelas Gattuso. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Kinerja Striker Tentukan Keberhasilan AC Milan
Artikel Selanjutnya
Pelatih AC Milan Tidak Akan Jual Pemain Ini