Sukses

Pertama Kalinya 5 Klub Inggris di Fase Knock Out Liga Champions

Namun, di 16 besar Liga Champions dua klub Liga Inggris tak boleh saling berhadapan.

Liputan6.com, Jakarta - Pamor Liga Inggris sebagai salah satu liga terbaik di Eropa kembali menjulang. Untuk pertama kalinya, lima klub dari Negeri Ratu Elizabeth ini lolos ke fase knock out Liga Champions.

Manchester City, Tottenham Hotspur, Manchester United (MU), Liverpool, dan Chelsea telah memastikan tempat di fase gugur. Mereka siap menunggu nasib saat undian untuk 16 besar digelar, Senin (11/12/2017).

Manchestser City, Tottenham, dan Chelsea terlebih dahulu memastikan tempat 16 besar. Sementara MU dan Liverpool memastikan langkah di matchday terakhir 5 dan 6 Desember 2017.

Tak hanya itu, empat tim: Manchester City, MU, Tottenham, dan Liverpool lolos sebagai juara grup. Bahkan, Chelsea, yang bergelar runner up di Grup C hanya kalah selisih gol dari AS Roma.

"Dengan adanya lima klub Inggris di fase gugur Liga Champions membuktikan bahwa level Liga Inggris sangat tinggi," ujar Antonio Conte, pelatih Chelsea, seperti dikutip BBC.

Namun begitu, Conte tak menampik, bagi klub Inggris akan sangat sulit untuk jadi juara di ajang ini. Pasalnya, kompetisi Liga Inggris termasuk kompetisi yang sangat ketat.

"Saat kami tampil di fase final Liga Champions seperti perempat final, semifinal, kami (klub Inggris) pasti akan sangat kesulitan, karena begitu banyak pertandingan yang harus kami mainkan," Conte menuturkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Boleh Bertemu

Lima klub Inggris ini dipastikan tak akan saling berhadapan di 16 besar. Pasalnya, dalam aturan undian di 16 besar, tidak dimungkinkan dua tim dari satu negara saling berhadapan.

Tottenham terhindar dari Real Madrid di 16 besar.  (AP/Rui Vieira)

Namun, satu keuntungan dimiliki Tottenham. Klub asal London itu dipastikan tak akan berhadapan dengan Real Madrid.

Pasalnya, ada aturan lain yang menyebut, bahwa juara dan runner up dari grup yang sama juga tidak mungkin bertemu di 16 besar. Tottenham adalah juara Grup H, sedangkan Real Madrid ada runner up-nya.

3 dari 3 halaman

Ditunggu Real Madrid

Kondisi ini membuka peluang Manchester City, Liverpool, dan MU berhadapan dengan Real Madrid. Sementara Chelsea "aman" karena berstatus sebagai runner up Grup C

Namun, begitu, klub-klub Inggris mengaku tak gentar. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bahkan menyebut, ini kesempatan besar bagi klubnya menghadapi klub sehebat Real Madrid.

MU berpotensi bertemu Real Madrid di 16 besar. Pemain Manchester United, Jesse Lingard mencetak satu gol saat timnya menang atas Watford pada lanjutan Premier League di Vicarage Road stadium, Watford, (28/11/2017). MU menang 4-2. (AFP/Glyn Kirk)

"Tahun ini memang spesial. Sebab, tidak sering kita mendapat kesempatan menghadapi klub sekelas Bayern Munchen atau Real Madrid," ujar Klopp.

Pelatih MU, Jose Mourinho, juga santai saja menanggapi kemungkinan bertemu Real Madrid. "Kita lihat saja nanti. Sementara kami fokus dulu ke Liga Inggris," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU