Sukses

Cristiano Ronaldo Raih Trofi Ballon d'Or 2017

Cristiano Ronaldo meraih Ballon d'Or kelimanya dalam seremonial di Menara Eiffel, Paris, Jumat (8/12/2017) dini hari WIB.

Paris - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2017 dalam acara yang berlangsung di Menara Eiffel, Paris, Prancis, Jumat (8/12/2017) dini hari WIB. Ronaldo kini sejajar dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, yang sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d'Or.

Dengan ditemani Ronaldo Nazario da Lima dan David Ginola memimpin seremoni yang digelar di Menara Eiffel, Paris. Dalam detik-detik penerimaan penghargaan, Ronaldo muncul dengan sudah menggenggam trofi Ballon d'Or di tangan kanan dan memperlihatkan gestur tangan kiri yang mempertunjukkan kelima jari, yang artinya sudah lima kali pemain asal Portugal itu meraih gelar Ballon d'Or.

"Tentu saya merasa senang. Ini adalah hal yang saya selalu nantikan setiap tahun. Trofi yang saya menangi tahun lalu membantu saya untuk memenangi penghargaan ini. Terima kasih untuk semua rekan di Real Madrid. Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang yang membantu saya mencapai level ini," ujar Ronaldo di depan Ginola.

Cristiano Ronaldo mendapatkan trofi Ballon d'Or kelimanya ini dengan mengalahkan Messi dan Neymar. Terpilihnya Ronaldo semakin memperjelas fakta bahwa dalam satu dekade terakhir persaingan pemain terbaik hanya berkutat antara dirinya dan Lionel Messi.

Ronaldo meraih Ballon d'Or pertamanya pada 2008 sebelum Lionel Messi kemudian meraih yang pertama pada 2009. Setelah itu, Lionel Messi melanjutkan dominasinya selama empat tahun berturut-turut dengan meraih tiga Ballon d'Or lagi pada 2010 hingga 2012.

Namun, Cristiano Ronaldo kembali merebut predikat pemain terbaik di dunia itu pada 2013 dan 2014 sebelum Lionel Messi kembali meraihnya pada 2015. Keberhasilan Ronaldo mengantar Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2015-2016 dan mengantar Timnas Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 membuat pemain asal Portugal itu kembali menjadi yang terbaik pada 2016 dan kini ia kembali menjadi yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.